Laela Novita

Saya adalah seorang wanita sederhana kelahiran Bogor yang suka menulis walaupun entah tulisan nya bagus atau tidak. Yang jelas, saya hobby menulis. Saya selalu ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Terombang Ambing oleh Gelombang Plin-Plan

Terombang Ambing oleh Gelombang Plin-Plan

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, plin-plan merupakan akronim dari plintat-plintut yang memiliki arti tidak teguh pendirian.

Tipe dan karakter setiap orang berbeda. Ada yang tegas, ada yang lembek. Ada yang kuat pendiriannya, tapi ada juga yang gampang terpengaruh.

Nah, biasanya paling sebel sama orang yang tidak tegas dan mudah terpengaruh. Sukanya latah atau ikut-ikutan orang lain. Orang lain berbuat A, kamu juga ikut melakukan A. Seperti tidak punya pendirian.

Beberapa ciri orang plin-plan:

1. Tidak punya keyakinan

Jujur saja, orang lain akan sangat mudah mempengaruhimu karena kamu tidak punya keyakinan yang teguh. Mudah terombang-ambing dengan perkataan atau rayuan orang lain, sehingga kamu lupa pada prinsip hidupmu yang sebenarnya.

2. Merasa bersalah saat mengatakan ‘tidak’

Sebenarnya sah-sah saja bila kamu ingin mengatakan ‘ya’ terhadap apa yang diucapkan orang lain. Tapi biasanya ada perasaan tidak enak, takut membuat orang lain kecewa kalau mengatakan ‘tidak.’

Akhirnya perasaan tidak enak ini jadi beban buat dirimu sendiri. Orang lain akan menilai bahwa kamu pasti akan selalu mengatakan ‘ya.’ Sikap seperti ini juga bisa membuatmu gampang dibodohi, dipengaruhi, bahkan memanfaatkanmu.

3. Terlalu gampang diatur

Kalau kamu merupakan tipe orang yang mudah diatur, hati-hati. Orang lain dapat memanfaatkan kelemahanmu itu untuk menguntungkan diri mereka sendiri. Misalnya, orang lain melarangmu untuk bergaul dengan seseorang karena orang tersebut pernah berselisih paham dengannya dan kamu menurutinya. Akibatnya, kamu sering merasa dirugikan oleh orang lain.

4. Sering mengorbankan kebahagiaan sendiri

Berkorban untuk orang lain itu pada dasarnya bagus. Tetapi balik lagi, tetap harus pakai prinsip. Jangan sampai karena ingin menyenangkan hati orang lain, kamu malah mengorbankan diri sendiri, bahkan kebahagiaanmu. Ujung-ujungnya, kamu sendiri yang tertekan.

5. Sulit menjadi diri sendiri

Mau menjadi diri sendiri? Secara logika, hal ini mustahil untuk diwujudkan karena kamu sangat mudah terpengaruh oleh orang lain. Mirisnya lagi, akibat satu kalimat yang diucapkan oleh temanmu, kamu bisa kehilangan prinsip dan keyakinan dalam hidup.

6. Selalu ragu saat mengambil keputusan

Akibat kurang pendirian, kamu jadi sering ragu dalam mengambil keputusan untuk hidupmu. Kerap melibatkan orang lain dalam hal tersebut. Hal ini secara tidak langsung akan membuatmu jauh dari prinsip, dan perlahan mengikuti arus hidup orang lain.

Ya kalau prinsip hidupmu dan orang itu sama. Bagaimana kalau berbeda? Kamu bisa saja membuat keputusan salah untuk dirimu. Mulai sekarang, coba latih untuk membuat keputusan sendiri.

Yang lebih parah lagi, ketika kamu dimanfaatkan orang untuk membenci orang lain tanpa alasan. Ini akan menimbulkan ghibah, seandainya yang dighibahkan salah, akan menimbulkan fitnah.

Intinya untuk menghindari plin-plan, selalu berpikiran positif, jaga emosional dan tutup telinga agar tidak mendengarkan bisikan-bisikan shaiton. Hehehe... Self remember untuk saya pribadi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post