Laila

Mengajarlah dengan hati. Dan merdeka dalam belajar...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menanti Tonggak Baru Sepak Bola Indonesia
Foto: Republika.co.id

Menanti Tonggak Baru Sepak Bola Indonesia

Potensi Indonesia untuk memajukan sepak bola dalam negeri tentunya sangat terbuka luas. Tim Nasional kebanggaan kita diyakini dapat sejajar dengan negara-negara yang budaya sepak bolanya memang diakui di Asia. Sebut saja seperti Jepang, Arab Saudi dan Korea Selatan.

Jauh panggang dari api. Performa timnas Indonesia seringkali masih jauh dari harapan. Ekspektasi masyarakat yang begitu besar terkadang kandas di fase grup saja. Tentu ini menjadi persoalan tersendiri bagi pemimpin PSSI yang baru terpilih.

Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI yang baru tentunya harus memberikan dampak yang besar bagi perbaikan sepak bola Indonesia. Lebih-lebih masyarakat sudah sejak lama menanti permainan skuad Garuda yang memanjakan mata.

Erick Thohir Menjaring Aspirasi

Sebagai ketum baru terpilih, Erick Thohir seolah tidak ingin tenggelam pada euforia kemenangan sebagai nahkoda PSSI 2023-2027. Di awal kepemimpinannya, ia langsung tancap gas untuk menjaring berbagai aspirasi untuk memperbaiki dunia sepak bola Indonesia.

Sarasehan Sepak Bola Nasional menjadi langkah awal untuk memajukan sepak bola kita. Erick Thohir seakan memberikan pesan kepada kita semua, bahwa kemajuan olahraga yang satu ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

Hasil dari Sarasehan tersebut akan menjadi roadmap setidak dalam beberapa tahun ke depan, bagaimana persoalan sepak bola ini dibenahi dan dicarikan solusi. Sebab tanpa ada peta yang jelas, tidak mungkin ada kemajuan yang signifikan.

Langkah yang dilakukan oleh Menteri BUMN tersebut tentu memiliki alasan tersendiri. Mengingat peliknya persoalan yang ada di dunia sepak bola Indonesia. Sehingga senang atau tidak, dobrakan itu harus dilakukan.

Momentum ini tentu harus dimaksimalkan oleh semua pihak untuk mengambil peran. Sebab tidak mungkin PSSI atau Pemerintah bekerja sendirian dalam transformasi kali ini. Pihak suporter, wasit, klub dan masyarakat secara umum tentu sangat diperlukan masukannya.

Perbaikan Liga Dalam Negeri

Harapan untuk memiliki timnas yang berprestasi dan sejajar dengan negara-negara besar lain dalam dunia sepak bola. Seorang pemimpin membutuhkan langkah pasti dan juga prioritas.

Dunia sepak bola Indonesia saat ini tentu membuat kita tidak habis pikir, sakit kompleks. Sehingga terkadang kebingungan memikirkan dari mana persoalan harus diubah terlebih dahulu.

Pada titik ini, sebagai seorang yang awam dalam dunia sepak bola benang kusut yang haru diperbaiki ke depan yakni yang saat ini bernama Liga 1 (satu). Menuntaskan masalah pada bidang yang disebut terakhir menjadi suatu keharusan. Mengingat liga dalam negeri menjadi tumpuan utama bagi performa Timnas Indonesia.

Erick Thohir tentu sudah memiliki gebrakan untuk mengatasi problem yang dihadapi liga satu. Dan tentu masih dibutuhkan banyak masukan dari berbagai pihak. Sehingga sangat relevan keberadaan Sarasehan Sepak Bola Nasional yang digagas oleh Ketum PSSI tersebut.

Jika langkah ini konsisten dan berhasil, tidak menutup kemungkinan liga sepak bola Indonesia akan menjadi salah satu yang terbaik di Asia. Dan tidak berlebihan pula prestasi demi prestasi akan dicapai oleh Timnas kebanggaan kita semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post