Laila Amrulia

Lahir di Kota Turen, Kabupaten Malang, 27 September 1970. Saat ini mengajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Turen....

Selengkapnya
Navigasi Web
Bagaimana Anak Suka Membaca?

Bagaimana Anak Suka Membaca?

Anak-anak sekarang lebih senang bermain HP daripada membaca buku. Bagi mereka, membaca kurang menarik dan membosankan. Ditunjang kebiasaan orang tua yang tidak memberi contoh dan tidak tekun dalam membimbing anaknya untuk suka membaca.

Tentu kita merasa senang kalau anak kita suka membaca, baik bacaan sekolah maupun cerita. Atau mereka hanya sekedar membuka-buka buku saja.

Saya pernah bertanya kepada salah seorang teman. " Bagaimana cara agar anak-anak suka membaca?". Teman saya menjawab. "Orang tua harus memberi contoh rajin membaca di depan anak-anaknya. Atau mungkin orang tua membacakan cerita secara langsung agar anaknya tertarik untuk belajar membaca sendiri. Jangan pernah memaksa anak-anak untuk membaca buku yang tidak mereka sukai, karena akan memberi pengalaman buruk dan membuat mereka benci membaca. Membiarkan mereka menemukan bacaan apa yang dia sukai dan mengajaknya untuk membaca bersama-sama hal tersebut".

Orang tua bisa juga melibatkan kegiatan membaca anaknya dengan bermain, misalnya mendorong anak untuk membacakan dongeng kepada bonekanya atau bermain tentang kegiatan jual beli di toko buku.

Nah, bagaimana kita selaku orang tua dan guru bisa membimbing anak-anak untuk suka membaca sehingga mereka merasa bahwa membaca adalah sebuah kebutuhan?

Mungkin Anda punya tips lainnya?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Awalnya rumus paksaan kayaknya lho... Modifikasi dg menceritakan yg sdh dibaca. Atau melanjutkan cerita yg dibacakan guru. Atau ibubaca sebuah buku/ novel, ceritakan awalnya, bikin anak penasaran. Tawarkan, siapa yg mau melanjutkan cerita ibu, bsk di dpn kls, tp baca dl buku ini, bsk dpt hadiah. Dst.... Lama2 akanemulan kenikmatan mbaca

09 May
Balas

Salam Literasi bu, salut sudah berbagi ilmu ...

09 May
Balas

Aisyah suka sekali kl aku bercerita, makanya mamanya harus Banyak2 referensi bacaan. Terimakasih sdh diingatkan. Salam literasi

09 May
Balas

Terimakasih sudah membagi ilmu nya bu..

09 May
Balas

Benar..dengan membaca kita jadi tau jendela dunia ya bu..

14 May
Balas



search

New Post