Laila Amrulia

Lahir di Kota Turen, Kabupaten Malang, 27 September 1970. Saat ini mengajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Turen....

Selengkapnya
Navigasi Web
Ulangan Kenaikan Kelas di Bulan Puasa

Ulangan Kenaikan Kelas di Bulan Puasa

Hari ini, Rabu 23 Mei 2018. Sekolah kami menyelenggarakan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yang sekarang berganti istilah menjadi Penilai Akhir Semester (PAT). PAT dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan guru kepada siswa. Akan terlihat mana siswa yang unggul atau cerdas dan mana siswa yang lemah kompetensinya.

Untuk tahun ini, PAT dilaksanakan bertepatan dengan bulan Puasa Ramadhan, dimana siswa yang beragama Islam berpuasa. Bagi sebagian siswa, ujian yang dilaksanakan di bulan puasa bukanlah hal yang ringan. Belajar pada bulan puasa membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Dalam keadaan perut kosong, siswa akan mengikuti kegiatan tersebut. Tetapi semua itu kembali pada niat masing-masing siswa. Berpuasa merupakan ajang latihan fisik dan mental bagi siswa sekolah. Oleh sebab itu, siswa perlu berniat untuk melaksanakan latihan tersebut dengan tulus dan ikhlas.

Berpuasa merupakan ibadah, sedangkan belajar adalah sarana memperbaiki kualitas diri siswa. Kelak, jika sudah besar bisa menjadi orang yang terlatih untuk bekerja dan dapat meningkatkan nilai ibadahnya selama bulan puasa tersebut.

Selama bulan puasa, siswa memang harus bisa mengatur agenda kegiatan hariannya. Mulai dari sahur sampai pelaksanaan shalat Tarawih. Jika sudah terbiasa mengikuti jadwal tersebut, siswa akan terbiasa disiplin dan membuat waktu sehari-harinya terisi dengan kegiatan belajar dan beribadah.

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh Rahmat. Dan pada bulan tersebut siswa yang sudah memenuhi syarat diwajibkan untuk berpuasa. Belajar selama bulan puasa di sekolah juga termasuk ibadah. Berdiskusi, ujian, menerima materi, atau hal-hal yang bermanfaat untuk meningkatkan iman diri siswa.

Sewaktu sahur dan berbuka puasa dianjurkan untuk tidak berlebihan. Yang penting adalah kualitas makanan dan minumannya. Makanan dan minuman yang sehat akan bisa memenuhi kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh pada saat melakukan puasa. Konsumsi karbohidrat kompleks saat berpuasa membantu tubuh mendapat asupan glukosa lebih banyak. Penting juga mengonsumsi makanan atau sayuran yang banyak mengandung zat besi saat sahur. Zat besi dapat diperoleh dari sayur-sayuran hijau, ikan maupun kacang-kacangan. Sahur dengan banyak sayuran juga menjaga tubuh segar di siang hari dan menjaga perut merasa kenyang lebih lama .

Semoga Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang dilaksanakan sekolah kami merupakan PAT yang berkualitas dan menghasilkan siswa-siswi yang cerdas dan bekualitas pula.

Mohon doanya agar siswa kami mendapatkan nilai yang terbaik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wis lancar tinggal nambahi point dan bobot artikel ...

23 May
Balas



search

New Post