Laila Sari

Panggil aku Bu ILA Aku adalah pimpinan Sekolah Alam Medan Raya (SAMERA) Jl. Aman Abadi Dusun 2 Tuntungan 1 Pancurbatu Deli Serdang Sumut. 20353 Pendidikan In...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manfaat Menabung Bagi Anak Usia Dini

Manfaat Menabung Bagi Anak Usia Dini

Manfaat Menabung Bagi Anak Usia Dini

By: Laila Sari

Ayah Bunda, usia berapa anaknya diajari menabung? Menabung bagi anak sebaiknya pakai celengan atau menggunakan bank yg di qq ke Ayah atau Bunda? Merencanakan keuangan keluarga apakah melibatkan seluruh anggota keluarga termasuk anak usia dini?

Pertanyaan ini jadi diskusi di kelas parenting dengan tema "Literasi Finansial"

Berbeda dengan anak mulai usia 8 tahun ke atas. Menabung bagi anak usia dini belum bisa ditujukan untuk mengatur dan merencanakan keuangan sendiri, hidup hemat, menghargai uang serta disiplin.

Bagi anak usia dini, nenabung lebih pada pengenalan dan kesenangan. Lalu yang jadi pertanyaan pentingkah menabung bagi anak usia dini, apa manfaatnya?

Disini Bu Ila akan berbagi manfaat menabung dan teknik atau kegiatan literasi finansial bagi anak usia dini.

Menabung adalah sebuah kesenangan.

Karena pada dasarnya anak senang bermain dan berfantasi, maka carilah celengan dengan berbagai bentuk dan warna menarik. Timbulkanlah suasana bahagia pada saat melakukan kegiatan memasukkan koin-koin uang sebagai aktivitas yang ditunggu-tunggu anak

2. Mengajarkan anak untuk menunda kesenangan.

Anak yang terbiasa mendapatkan sesuatu dengan mudah dan cepat, jiwanya akan rapuh dan kontrol dirinya menjadi lemah. Tidak mampu membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Sejak dini, ajarkan anak 'delay gratification' yaitu menunda kesenangan sesaat dan fokus dalam mencapai tujuan jangka panjang. Ketika anak menginginkan sesuatu, ia belajar menahan diri untuk menabung sampai uangnya mencukupi.

3. Mengenal dan menghargai nilai uang.

Uang sebagai alat tukar dan sesuatu yang berharga dalam kehiduan sehari hari. Ini akan melatih kognitif anak dalam mengenal banyak sedikit dan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan sesuatu dengan uang yang dimilikinya. Kegiatan yang bisa dilakukan pada anak usia dini dgn memperkenalkan simbol pecahan uang receh yang dimasukkan ke dalam lubang celengan dan menghitung jumlahnya. Berilah tanda pada simbol uang yg telah digambarkan di kertas dekat celengan diletakkan.

4. Melatih fisik motorik halus anak.

Ketika ia memasukkan pecahan uang ke dalam celengan, akan melatih jari-jari tangannya. Ini bermanfaat untuk kesiapan menulis dan kegiatan motorik lainnya.

Menurut Ayah Bunda, adakah manfaat lain kegiatan menabung bagi anak usia dini?

Yuk peduli pada pendidikan anak. Semoga bermanfaat.

#LiterasiFinansial #GerakanLiterasiKeluargaMilenial

Salam Pendidikan Bu Ila

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pendidikan managemen keuangan sejak usia dini, mantap Bund... salam sehat penuh barakah.

14 Jan
Balas

Terimakasih. Salam kembali

15 Jan



search

New Post