Laili Rusma

Laili Rusmawaty adalah guru bahasa Indonesia dan pengurus perpustakaan sekolah di SMAN 1 Kebomas Gresik. Korespondensi dapat melalui email lel...

Selengkapnya
Navigasi Web
(16) PAMERAN PELUKIS CILIK
httpswww.youtube.comwatchv=4lzsLMpCQ9g

(16) PAMERAN PELUKIS CILIK

Ada yang tidak biasa di Gallery Lantai 2 Icon Mall Gresik. Di sana terpampang lukisan-lukisan yang menakjubkan. Siapa sangka kalau pelukisnya adalah dua bocah kecil dari Kecamatan Cerme, Gresik. Mereka adalah Annisa Nismara Halimah (6 tahun) dan Isabell Nufail Roses (10 tahun)

Pameran lukisan itu dalam rangka Milad ke-17 Sanggar Lukis Anak Daun. Pameran ini merupakan pameran ke-6. Kali ini menampilkan karya dua anak asal Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Pameran berlangsung pada 18 - 31 Desember 2021 pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Kedua pelukis cilik itu, adalah Annisa Nismara Halimah (6 tahun ), siswi kelas 1 SD Al Islam Cerme Gresik dan Isabell Nufail Roses (10 tahun), siswi kelas 4 SDN Ngabetan Cerme . Mereka menampilkan 40 karya lukisan kanvas, dengan rincian 12 karya ukuran 1x1 Meter, 28 karya lebih kecil.

Mereka menampilkan seni lukis beraliran realisme dan naivisme. Realisme adalah salah satu aiiran yang menjelaskan sebuah karya seni lukis dengan apa adanya seperti peristiwa kehidupan sehari-hari. Sedangkan naivisme adalah aliran dalam seni yang mengedepankan karya-karya pelukis yang melawan jalur pendidikan akademis. Cirinya bisa dilihat dari kurangnya elemen dan kualitas tampilan yang bisa ditemui di karya-karya perupa akademis.

“Anak-anak ini secara ekonomi sudah berjalan bagus. Bahkan saat opening di jalan Dipenegoro kemarin, ada yang laku 7 juta,” kata Arik S. Wartono, kurator, pendiri dan pembina Sanggar Daun.

Salah satu pelukis cilik tersebut, yakni Annisa Nismara Halimah. Putri kedua dari pasangan Hendro Karyono, dan Nurul Febriyanti ini menjadi anggota Sanggar Daun sejak berusia 4 tahun. Orang tuanya melihat bakat putrinya sejak usia 3,5 tahun.

Annisa telah mengoleksi 7 penghargaan internasional dan 2 tingkat nasional, di antaranya Picaso art Contest India (premium certificates 2019), Space Foundation International Student Art Contest Usa: juara ke 2 medali dan sertifikat 2020, Picasso Water Color Art Contest India : premium certificate 2020, Picasso Art Contest 2021: premium certificates.

Setiap anak memiliki minat dan bakat tersendiri. Biarlah orangtua memberi kebebasan anak untuk berkreasi sepanjang kegiatan mereka positif dan menumbuhkan karakter mandiri, percaya diri, peka terhadap lingkungan, dan semangat bekerja keras.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget reportasenya

16 Jan
Balas

Terima kasih, Bu.

16 Jan

Sepakat Bu..mengenal potensi anak sejak dini, dan membuka peluang anak..untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya..mantap reportasenya Bu...salam literasi

16 Jan
Balas

Terima kasih, Bu Ila.

17 Jan



search

New Post