LAILY SYARIFAH

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK REFLEKSI DIRI MODUL 2.3. CGP
Pembelajaran yang berdiferensiasi, pembelajaran yang mengedepankan sosial emosional merupakan cermin pembelajaran yang berpihak pada murid

COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK REFLEKSI DIRI MODUL 2.3. CGP

Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar Modul 2.3 PGP

Sebagai guru, seberapa seringkah kita melakukan refleksi sebagai upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran? Jika jawabannya adalah sering, maka sebagian syarat untuk menjadi guru yang profesional sudah kita penuhi. Namun jika belum, ini adalah saatnya untuk memulai.

Dikutip dari laman Kemdikbud, refleksi dalam konteks pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan dalam bentuk penilaian lisan dan tertulis oleh guru untuk siswa dan oleh siswa untuk guru dalam mengekspresikan kesan konstruktif, pesan, harapan, dan kritik terhadap proses pembelajaran. 

 Melakukan refleksi artinya kita terbuka dalam menerima saran dan kritik serta bersedia melakukan perubahan untuk memperbaikinya.Dalam semangat Kurikulum Merdeka, refleksi bagi guru merupakan suatu keharusan. Sebagai Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Jombang , berikut ini adalah beberapa pemikiran reflektif saya terkait pengalaman belajar Modul 2.3. (Coaching untuk Supervisi Akademik)

Pengalaman belajar yang saya peroleh

    Mendalami modul demi modul merupakan perjalanan yang mengasyikkan meski kadang tegang diburu deadline, namun hal ini tidak sebanding dengan pengalaman dan ilmu yang diperoleh. Salah satu wawasan baru yang sangat bermakna adalah pembahasan secara mendalam mengenai hakikat coaching dalam supervisi akademik. Supervisi yang selama ini dilakukan sering hanya bersifat satu arah semata, dan lebih mirisnya lagi hanya berfungsi untuk melakukan tagihan terkait kewajiban guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, termasuk dalam melengkapi perangkat pembelajaran. Perlunya ada perubahan paradigma bahwa seorang supervisor hendaknya sekaligus berusaha untuk mengembangkan potensi guru yang disuperivisi, memunculkan dan mempertajam potensi tersebut. Inilah konten yang sangat menarik dari modul 2.3 Calon Guru Penggerak, yang sekaligus dengan mendalaminya kita berlatih secara intensif dalam melakukan peran sebagai coach, coachee maupun pengamat. Dengan demikian CGP akan familiar dengan berbagai detil dan prinsip coaching dalam supervisi akademik.

 Sebuah supervisi yang menggunakan pendekatan coaching, merupakan sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari coachee (Grant, 1999). Coaching merupakan kunci pembuka potensi seseorang untuk untuk memaksimalkan kinerjanya. Coaching lebih kepada membantu seseorang untuk belajar daripada mengajarinya (Whitmore, 2003). Dengan demikian, berbeda dengan supervisi akademik yang selama ini kita kenal, supervisi yang beriorientasi coaching tidak hanya berjalan searah saja, dari Kepala Sekolah atau guru senior sebagai supervisor kepada bawahan atau guru yang masih yunior. Supervisi tidak hanya berfungsi untuk melihat proses pembelajaran saja, namun juga membantu guru yang disupervisi untuk mengembangkan kemampuan atau potensi dirinya, apakah itu yang berhubungan dengan proses pembelajaran maupun potensi dirinya pribadi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi!

12 Oct
Balas

Ulasan yang keren salam kenapl ijin follow dan follow back ya terima kasih

16 Mar
Balas

Terimakasih, siyap follow back

22 Mar

Terimakasih, siyap follow back

22 Mar

Terimakasih, siyap follow back

22 Mar

Terimakasih, siyap follow back

22 Mar

Ulasan yang keren salam kenapl ijin follow dan follow back ya terima kasih

16 Mar
Balas

Terimakasih, siyap follow back

22 Mar

Terimakasih, sukses selalu Pak Dede

12 Oct
Balas

Terimakasih, sukses selalu Pak Dede

12 Oct
Balas



search

New Post