Lastri

Tulisanmu jejakmu ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan hari ke 18  Pengelolaan Kelas

Tantangan hari ke 18 Pengelolaan Kelas

Pengelolaan Kelas

Pengajaran adalah proses menyampaikan atau menanamkan pengetahuan dan keterampilan dengan tujuan utamanya adalah penguasaan materi pelajaran. Keberhasilan suatu proses pengajaran diukur dari sejauh mana siswa dapat menguasai materi pelajaran yang disampaikan guru. Materi pelajaran merupakan pengetahuan yang bersumber dari mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Sedangkan mata pelajaran itu sendiri adalah pengalaman-pengalaman manusia masa lalu yang disusun secara sistematis dan logis kemudian diuraikan dalam buku-buku pelajaran dan selanjutnya isi buku itu yang harus dikuasai siswa (Sanjaya, 2005: 75).

Pelaksaanaan pengajaran atau yang biasa kita sebut proses belajar mengajar akan berlangsung dalam skenario yang diciptakan guru. Layaknya seorang sutradara di dalam kelas, guru akan mendesain skenario pengajaran dengan persiapan yang matang, efektif, efesien, menyenangkan dan menimbulkan kebahagiaan. Persiapan yang matang itu akan tertuang dalam kemampuan guru dalam mengelola kelas. Pengelolaan kelas menurut Pengelolaan kelas yang baik akan mencapai proses belajar mengajar yang berdampak baik terhadap pencapaian prestasi belajar mengajar siswa atau anak didik.

Pengelolaan kelas yang baik diantaranya:

1. Penataan ruang kelas

2. Mengantisipasi kondisi kelas

3. Tetapkan aturan dengan tegas namun 'bersahabat'

4. Pastikan siswa tetap fokus

5. Serius tapi santai

6. Jangan biarkan ada waktu tersisa yang kosong

7. Bersemangat sejak awal pembelajaran

8. Posisi berdiri ketika mengajar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu, tulisannya menambah pengetahuan saya

07 Mar
Balas



search

New Post