Lastri

Tulisanmu jejakmu ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan hari ke 28 Sensasi Corona (1)

Tantangan hari ke 28 Sensasi Corona (1)

Sensasi Corona (1)

Pengumuman Libur sekolah dari bapak Gubernur Anies Baswedan, sebagai langkah nyata dalam mengurangi penularan wabah corona membuat kepala sekolah dan guru -guru memutar otak. Memikirkan model pembelajaran jarak jauh seperti apa yang akan digunakan, agar siswa dapat memanfaatkan waktunya, selama libur sekolah kali ini dengan kegiatan belajar yang efektif.

Pembelajaran jarak jauh (juga disebut juga pendidikan jarak jauh) merupakan pendidikan yang diberikan kepada siswa yang tidak berkumpul bersama di satu tempat secara rutin untuk menerima pelajaran secara langsung dari guru. Bahan-bahan dan instruksi-instruksi detail yang bersifat khusus dikirimkan atau disediakan untuk siswa yang selanjutnya melaksanakan tugas-tugas yang akan dievaluasi oleh guru. Siswa dan guru berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi aktif untuk dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Pendidikan jarak jauh bukan metode baru dalam sistem pendidikan. Proses pendidikan jarak jauh menggunakan e-learning (pembelajaran elektronik) atau online (pembelajaran daring) yang menggabungkan teknologi elektrinika dengan terknologi internet, yang menciptakan pembelajaran baru yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Sehingga kita sebagai penyelenggara pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman, harus mampu mengahdirkan tantangan baru bagi penyelenggaraan pendidikan agar sesuai dengan infrastuktur pendidikan berbasisi terknolobi baru tersebut.

Manfaat e-learning diantaranya adalah:

Ø  Waktu pembelajaran jarak jauh tidak terikat.

Ø  Tempat pembelajaran tidak terikat bisa dilakukan dimana saja.

Ø  Mempermudah penyimpanan materi maupun alat penilaian.

Ø  Perbaikan pada bahan ajar yang disesuaikan dengan perkembangan akan lebih mudah dilakukan.

Ø  Bertambahnya interaksi pembelajaran antara siswa dan guru.

Ø  Mudah mengulang-ulang materi pelajaran karna mudah diakses.

Melihat manfaat diatas, guru harus mempersiapkan materi atau bahan ajar yang sangat efektif. Bahan-bahan ajar dibuat sedemikian rupa dengan mengikut sertakan siswa. Di bawah ini panduan cara menulis bahan-bahan pembelajaran jarak jauh agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana dengan tepat melalui pendidikan jarak jauh. Diantaranya adalah:

Tulisan dibuat sederhana, tidak bertele-tele, dan jelas. Berikan definisi untuk kata-kata atau peristilahan yang dipergunakan. Gunakan intruksi yang mudah difahami. Berikan hasil (outcome) pembelajaran yang akan dicapai secara jelas untuk setiap tema. Berikan pengarahan langkah yang harus dilakukan saat outcome tidak sesuai dengan KKM yang diharapkan. Jika memungkinkan, ulangi konsep-konsep, ide-ide dan teori-teori beberapa kali. Selingi aktivitas-aktivitas dan latihan-latihan untuk penilaian sendiri dengan bahan ajar yang menarik minat siswa. Bangun pengetahuan dan pemahaman melalui beberapa latihan, Apabila memungkinkan, gunakan contoh-contoh dan studi-studi kasus yang relevan.

Dengan menyadari situasi dan kepentingan diharapkan guru dapat segera meng upgrade diri menyesuaikan keperluan dengan semangat demi kemajuan anak didik kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul. Banyak cara belajar.

17 Mar
Balas

Trimksh bu elvia. Barakalloh buat bunda. Monggo di follow bun.

26 Mar

Keren bun, cara belajar yang selalu berpariarif, memacu semangat siswa

17 Mar
Balas



search

New Post