Lastri

Tulisanmu jejakmu ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan hari ke 29 Aplikasi Edmodo

Pengumuman libur sekolah dari bapak Gubernur Anies Baswedan, merupakan langkah nyata dalam mengurangi penularan wabah corona. Pihak sekolah harus segera mengambil tindakan nyata pula agar proses pembelajaran dapat tetap berjalan. Pembelajaran jarak jauh yang menggunakan e-learning banyak dilirik sebagai alternatif bentuk pembelajaran jarak jauh yang akan digunakan.

Sebagai bentuk nyata tanggung jawab sekolah MIN 9 Jakarta Selatan, Pada hari Senin 16 Maret 2020 mengadakan pelatihan e-learning dengan narasumber bapak rizal. Pelatihan ini melibatkan 34 guru dan 2 tenaga teknisi. Adapun aplikasi yang kami gunakan adalah edmodo.

Sekilas Tentang Edmodo

Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang dikembangkan dan dirancang untuk guru, murid sekaligus orang tua murid dalam satu ruang kelas.

Edmodo pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 2008 oleh Nicolas Borg dan Jeff O’hara. Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien sekaligus lebih menyenangkan.

Edmodo menyediakan cara yang mudah untuk berkomunikasi dan berkolaborasi antara siswa dan guru serta orang tua, berbagi konten antara teks, gambar, links, audio maupun video. Aplikasi Edmodo menyerupai facebook, tapi sesungguhnya edmono lebih bernilai bagi dunia pendidikan karna dirancang oleh pendidik.

Edmodo bertujuan untuk membantu pendidik memanfaatkan fasilitas sosial nertworking sesuai dengan kondisi pembelajaran di dalam kelas. Layanan gratis edmodo memungkinkan guru dapat menciptakan dan memelihara komunitas kelas mereka sendiri dengan kondusif. Tanpa rasa khawatir ada yang akan menyusup dalam komunitas yang akan membahayakan siswa, tidak ada yang bisa masuk ke ruang Edmodo tanpa undangan. dan kekhawatiran pada aktivitas siswa bila berinteraksi dengan internet. Siswa tidak dapat menggunakannya untuk berhubungan dengan orang asing seperti yang terjadi di facebook. Edmodo digunakan untuk berbagi konten pendidikan, mengelola proyek dan tugas, menangani pemberitahuan setiap aktivitas, melakuakan quiz dan acara, dan memfasilitasi secara penuh terhadap keterlibatan pengalaman belajar antar siswa dikelas juga siswa yang lainnya dalam jaring belajar.

Implikasi Penggunaan Aplikasi Edmodo untuk Pembelajaran

Edmodo seperti alat bantu belajar lainnya, bisa menjadi hanya sebuah platform online

untuk mendorong pembelajaran guru, atau dapat menjadi cara lebih kreatif untuk melibatkan para siswa dalam pembelajaran kolaboratif dan kognisiterdistribusi (Jenkins). Edmodo bukanlah jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting adalah platform ini memberikan aspek penting dari sebuah lingkungan belajar yang baik. Platform ini memberikan siswa jalur untuk berinteraksidengan rekan-rekan mereka dan guru mereka dalam suasana akademis. Lebih jauh lagi penggunaan platform ini dapat mengajarkan siswa untuk bagaimana berperilaku secara online

dan bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan belajar mereka dengan sistem yang keamanannya terjamin. Pada hakikatnya platform ini adalah mudah dipelajari dan mudah digunakan terutama bagi para guru yang menganggap dirinya berada di luar basis pengetahuan teknologi yangberkembang saat ini.

Manfaat Edmodo dalam Pembelajaran

Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru dan murid bahkan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya tanpa khawatir adanya cyber crime dan cyber bullying.

3. Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz

Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah. Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja. Siswa pendiam bisa berpendapat tanpa khawatir dipermalukan, sementara anak yang type aktif bisa posting pertanyaan kapan saja Guru bisa mengajarkan tata cara atau etika didunia maya seperti berkomentar dan sederet tata krama dunia maya Kelas virtual yang dibuat guru seperti bahan ajar dapat digunakan diangkatan atau tahun ajaran berikutnya

Demikian sekilas tentang aplikasi edmodo yang akan kami gunakan dalam pembelajaran jarak jauh di MIN 0 Jakarta Selatan. Pelatihan yang diikuti guru dengan sangat antusias bagi guru yang masih muda maupun yang sudah menjelasng paripurna. Mereka berusaha semampu mereka meningkatkan kemampuan diri sebagai langkah nyata mematuhi himbauan pemerintah dengan harapan wabah corona dan berlalu namun siswa tetep belajar sesuai batasan materi yang telah dicanangkan di awal tahun. Terlepas dari itu semua suatu program tertentu sudah sepantasnya ada kelebihan dan kekurangan (bug) karena pada hakikatnya kesempurnaan adalah milik Tuhan Yang Maha Sempurna termasuk dalam penulisan ulang artikel ini dari berbagai sumber referensi kurang lebihnya mohon maaf. Wassalam.

Serua, 17 Maret 2020

Sumber:

http://gambiyo.blogspot.com/2016/02/sekilas-media-pembelajaran-edmodo.html

http://ria2608.blogspot.com/2015/12/edmodo.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Tp untuk SD dibutuhkan gk ya?

27 Mar
Balas

Bisa bunda sy sd dan sy menggunakan aplikasi ini tp yg sdh menggunakan google clasrom ga usah sama sj

27 Mar

Mau bu. Pengen bisa

26 Mar
Balas

Baik bun trimksh. Sdh mampir barakalloh nanti kita tunggu 10 orng yaa bun akan

26 Mar

Bunda ini no sy 081212029554 kita mulai via wa saja yaa bu. Soal ga da yg minat lg mksh bun.

04 Apr

Yuuk ajak2 temen yg mau blajar edmodo

27 Mar
Balas

Keren bun, boleh berbagi edmodonya.

18 Mar
Balas

Boleh pak, bpk mau coba memakainya? Ooh yaa Selamat yaa bukunya sdh jadi

26 Mar



search

New Post