Latifatul Qolbiyyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.2
#cgpangkatan7kab.tulungagung

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.2

Model : Description, Examination, Articulation

Description

Pada modul 1.2 saya belajar tentang nilai dan peran guru penggerak. Pembelajaran 1.2 dimulai dengan membuat trapesium usia. Dari pembelajaran trapesium usia saya mendapatkan pembelajaran baru. Ternyata banyak kejadian positif dan negatif yang sudah lama berlalu namun tetap membekas dalam ingatan saya. Dari sini menjadikan pembelajaran bagi saya bahwa seorang guru harus bisa mendesain pengalaman-pengalaman positif dalam ingatan murid. Karena pengalaman tersebut akan terus membekas dan terbawa hingga mereka dewasa.

Selanjutnya saya mengidentifikasi nilai-nilai guru penggerak yang sudah ada pada diri saya. Kemudian bagaimana nilai-nilai guru penggerak tersebut bisa dilakukan dan dioptimalkan dalam pembelajaran di kelas maupun kepemimpinan di sekolah.

Tahapan selanjutnya adalah belajar mandiri untuk memahami konsep materi. Dalam mempelajari konsep materi tersebut saya juga menjawab pertanyaan yang ada pada modul untuk merefleksikan hasil belajar mandiri. Dari sini dapat saya simpulkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran saya harus memahami karakteristik siswa, baik tahapan perkembangan, gaya belajar siswa, bakat dan minat, maupun kebutuhannya.

Berikutnya adalah diskusi kelompok secara virtual yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 11 November 2022 untuk membuat sebuah rancangan atau karya sebagai upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang ada pada anggota kelompok. Hasil diskusi dari kelompok saya yaitu memilih nilai kolaborasi dengan merancang sebuah kegiatan di hari guru. Kegiatan peringatan hari guru dengan berbagai kegiatan perlombaan untuk siswa. Selanjutnya hasil kolaborasi kelompok kami adalah membuat video. Namun pada waktu itu backsound suara yang dihasilkan dari video kelompok kami kurang jelas. Sehingga pada waktu presentasi yang dilaksanakan pada pertemuan berikutnya, hasilnya kurang memuaskan. Ada sedikit koreksi dari Bapak Fasil, Bapak Miftachol Huda. Beliau memberi saran sebaiknya ketika presentasi menggunakan PPT saja dengan dijelaskan secara langsung. Setelah presentasi kami diminta untuk membuat refleksi mengapresiasi peran dan nilai yang menonjol dari salah satu rekan dalam kelompok. Saat itu saya membuat refleksi untuk rekan saya yaitu ibu Hanik.

Selanjutnya saya membuat gambaran diri saya sebagai guru penggerak di masa yang akan datang. Kemudian kegiatan dialog virtual dengan instruktur dan dilanjutkan membuat narasi kaitan antara materi pada modul 1.1 (filosofi pemikiran KD) dan 1.2 (nilai dan peran guru penggerak).

Examination

Nilai dan peran guru penggerak merupakan dasar yang harus diyakini dan dipedomani oleh calon guru penggerak dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya. Seorang guru penggerak dalam melakukan perannya sebagai guru harus berdasarkan pada nilai-nilai yang ada. Adapun nilai-nilai guru penggerak antara lain berpihak pada murid, mandiri, inovatif, kolaboratif, dan reflektif. Sedangkan peran guru penggerak adalah sebagai pemimpin pembelajaran, mendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid (student agency), dan menjadi coach bagi rekan guru.

Semua peran tersebut harus dilakukan berdasarkan pada trilogi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani.

Selama ini nilai dan peran guru penggerak tersebut belum saya laksanakan secara optimal. Masih banyak yang harus saya tingkatkan terkait pembelajaran yang berpihak pada siswa dan kepemimpinan pembelajaran berikutnya.

Articulation of Learning

Setelah mempelajari modul 1.2 diharapkan calon guru penggerak memiliki nilai-nilai yang harus ada pada calon guru penggerak yaitu berpihak pada siawa, mandiri, inovatif, kolaboratif, dan reflektif. Selain itu CGP harus dapat melaksanakan perannya sebagai calon guru penggerak yaitu sebagai pemimpin pembelajaran, mendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan, serta menjadi coach bagi rekan guru.

Materi yang sudah dipelajari tersebut dapat diimplementasikan sesuai dengan nilai dan peran guru penggerak, antara lain :

a. Mendesain pembelajaran yang berpihak pada siswa

b. Membangun hubungan yang positif dengan siswa, wali murid, kepala sekolah, teman sejawat, komite, dan stakeholder lainnya.

c. Mendesain pembelajaran berbasis IT dalam rangka menjawab tantangan pembelajaran abad 21.

d. Selalu bersikap adaptif terhadap perkembangan teknologi pendidikan dan ilmu pengetahuan dengan aktif mengikuti seminar atau webinar.

e. Berperan aktif dalam komunitas praktisi termasuk dalam kegiatan KKG.

f. Bersikap terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain.

g. Selalu melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan baik pembelajaran di dalam kelas maupun kegiatan lain di sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post