Latifatul Qolbiyyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.4 - BUDAYA POSITIF

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.4 - BUDAYA POSITIF

Model : 4F atau 4P

NAMA CGP : LATIFATUL QOLBIYYAH, S.Pd

KELAS : 210 B

CGP ANGKATAN 7 KABUPATEN TULUNGAGUNG

1. Facts (Peristiwa)

Syukur Alhamdulillah saya ucapkan ke Hadirat Allah SWT, karena sampai saat ini saya masih bisa mengikuti Program Guru Penggerak modul 1.4 tentang budaya positif. Kegiatan dimulai dari Mulai dari Diri yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 06 November 2022. MDD dijadwalkan selama dua hari yaitu hari Selasa dan Rabu dengan materi "Budaya Positif". Di hari berikutnya adalah kegiatan Eksplorasi Konsep. Pada kegiatan EP kali ini, saya mempelajari tentang :

a. Disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan universal.

b. Teori motivasi, hukuman dan penghargaan, restitusi.

c. Keyakinan kelas.

d. Kebutuhan dasar manusia dan dunia berkualitas.

e. Restitusi - 5 posisi kontrol.

f. Restitusi - Segitiga restitusi.

Selanjutnya yaitu kegiatan Ruang Kolaborasi. Ruang kolaborasi terbagi menjadi dua bagian yaitu sesi diskusi dan sesi presentasi. Pada sesi diskusi saya berkolaborasi dengan CGP lain untuk membahas tentang kasus-kasus yang telah disediakan dalam LMS. Pada sesi presentasi setiap kelompok diminta untuk menyajikan hasil analisis studi kasus yang telah didiskusikan dalam kerja kelompok sebelumnya. Setelah kegiatan sesi diskusi, kami harus mengunggah hasil diskusi kelompok yang telah direvisi ke LMS. Kegiatan selanjutnya yaitu Demonstrasi Kontekstual. Pada kegiatan DK, CGP ditugaskan untuk melaksanakan praktek segitiga restitusi terhadap satu murid di sekolah. Pada kegiatan ini saya mempraktekkan tentang kasus siswa yang terlambat dan siswa yang bertengkar dengan temannya. Selanjutnya adalah kegiatan Elaborasi Pemahaman yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 16 Desember 2022 dengan instruktur Ibu Ernia Devita dari Sumatera Barat. Selanjutnya adalah kegiatan Koneksi Antar Materi, yaitu membuat sebuah kesimpulan dan refleksi yang disajikan dalam bentuk media informasi. Tahapan kegiatan terakhir yaitu melaksanakan Aksi Nyata tentang Budaya Positif. Aksi nyata modul 1.4 terdiri dari dua kegiatan yaitu mengimplementasikan konsep-konsep inti dalam modul budaya positif di lingkungan kelas sesuai yang dibuat pada tahap koneksi antar materi dan membagikan pemahaman dan pengalaman dalam menerapkan budaya positif kepada rekan-rekan di sekolah maupun komunitas. Kegiatan aksi nyata sesi berbagi budaya positif saya laksanakan di SDN 2 Bendiljati Kulon pada hari Selasa tanggal 24 Januari 2022. Pada kegiatan ini saya berkolaborasi dengan satu CGP yang lain yaitu Ibu Hanik Mutoharoh. Sepanjang proses penerapannya harus didokumentasikan dan diunggah ke kanal YouTube maupun Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada menu bukti karya. Untuk menyelesaikan tugas ini saya diberi waktu selama 4 Minggu. Selanjutnya tautan video yang telah diunggah di YouTube atau Google Drive dan PMM disematkan pada LMS untuk bertukar umpan balik bersama CGP yang lain.

2. Feelings (Perasaan)

Ada banyak hal yang saya rasakan selama menjalani proses pendidikan guru penggerak hingga saat ini. Ada perasaan senang, semangat, tertantang, namun kadang juga ada perasaan takut dan khawatir. Kekhawatiran jika seandainya tidak bisa mengikuti kegiatan secara maksimal. Namun, saya harus yakin bawa semua akan baik-baik saja jika kita memiliki kebulatan tekad untuk konsisten dalam menjalankan pendidikan guru penggerak ini. Dengan dukungan dari seluruh anggota keluarga, kepala sekolah, serta rekan-rekan guru yang ada di sekolah, saya yakin hal-hal negatif yang muncul bisa diminimalisir.

3. Findings (Pembelajaran)

Dari pembelajaran modul 1.4, saya semakin paham bahwa sikap disiplin harus ditumbuhkan dari dalam diri siswa (motivasi intrinsik). Bukan atas dasar karena takut dihukum maupun ingin mendapatkan penghargaan. Sebagai seorang pendidik, saya harus tetap konsisten dalam menerapkan budaya positif dan menanamkan kepada siswa tentang nilai-nilai kebajikan universal ke dalam kehidupan sehari-hari. Tugas ini memang berat, namun jika ada keinginan yang kuat dan upaya terus-menerus serta dukungan dari berbagai pihak maka perlahan-lahan apa yang kita cita-citakan dapat terwujud.

4. Future (Penerapan)

Dalam penerapan ke depannya, saya akan berusaha untuk melakukan budaya positif di kelas dan sekolah dengan belajar menempatkan diri pada sebuah posisi kontrol sebagai manager, pemantau, ataupun teman sesuai dengan kondisi yang dihadapi. Selain itu, saya akan berupaya menggunakan segitiga restitusi dalam penyelesaian masalah-masalah siswa yang ada di kelas. Secara perlahan, saya akan berusaha untuk mendekati guru-guru yang ada di sekolah saya untuk melakukan perubahan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post