Legimin Syukri

Lahir di Simalungun 21 Maret 1963. Alumni IAIN SU Fakultas Syariah. Pegawai Kemenag Kota Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa Ada Khutbah Nikah

Mengapa Ada Khutbah Nikah

Setiap amal ibadah yang dijalankan oleh umat Islam tidak terlepas dari apa yang pernah dicontohkan oleh nabi Muhammad shalallahu alahi wasallam. Termasuk khutbah nikah yang dilaksanakan di setiap prosesi ijab dan kabul.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam membacakan khutbah nikah ketika menikahkan putri tercintanya Fatimah Az-Zahra dengan Ali bin Abi Thalib.

Kemudian penulis melihat beberapa contoh khutbah nikah yang beragam namun tidak menyalahi ketentuan hukum yang berlaku di kalangan umat Islam. Yang paling utama isi khutbah nikah meliputi ucapan hamdalah, bersyukur, ayat Al Qur'an, hadis nabi, wasiat takwa, dan motivasi kepada pengantin baru dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Ada juga yang berpendapat bahwa khutbah nikah itu adalah merupakan pendahuluan sebelum ijab kabul dimulai. Hal ini menunjukkan bahwa Aqad nikah itu merupakan ibadah yang mendapat perhatian yang sangat serius.

Apa bukti keseriusannya? Majelis ini belum akan dapat dimulai sebelum berkumpulnya pihak-pihak yang terkait. Bahkan acara tersebut harus dilaksanakan pada satu majelis. Belum dipandang pernikahan itu sah jika diantara wali, mempelai, dan saksi-saksi tidak berada di satu tempat.

Tentang masalah khutbah nikah itu wajib atau sunnat seperti yang di tanyakan para mahasiswa PPL, di sini dapat penulis jelaskan sesuai dengan pendapat para Imam yang banyak dipedomani.

Menurut Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar bahwa khutbah nikah hukumnya sunnat bukan wajib, itulah yang diikuti olah kebanyakan ulama atau pendapat jumhur ulama.

Sedangkan yang berpendapat khutbah nikah itu wajib adalah pendapat Imam Dawud Adzzahiri. Apa bila pernikahan itu tidak diawali pembacaan khutbah nikah, maka nikahnya tidaklah sah.

Kepada para mahasiswa, kita sudah mencoba untuk mengurai pendapat para Imam, semua sepakat adanya khutbah nikah yang dibacakan sebelum ijab kabul. Junjungan kita yang mulia Rasulullah shalallahu alaihi wa salam juga membacakan khutbah sebelum aqad nikah putri beliau, tentunya inilah yang kita ikuti.

Firman Allah Subhanahu Wataala: "Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad) dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu maka kembalikanlah kapada Allah(Al Qur'an) dan Rasul (sunahnya). Jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (QS. Annisa' ayat 59).

Wallahu a'lam bisshowab wailallahi turjaul umur.

Baity jannati, 23 Desember 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa Abah tulisanya sangat bergizi dengan dasar yang mumpuni. Jadi ingat waktu nikah dengan ibunya anak. Ada khutbah yang disampaikan. Sampai sekarang masih terngiang pesan yang disampaikan. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Abah

25 Dec
Balas

Seminggu tiga kali paling sedit Abah baca khutbah nikah. Memang isinya penuh dengan nasehat untuk memotivasi pengantin baru. Sehat selalu saudaraku Mulya Al Bantany barakallah

25 Dec

Sepertinya kutbah nikah merupakan nasihat utk calon mempelai agar siap mengarungi rumah tangga

23 Dec
Balas

Betul Ibu, karena isi dari khutbah itu menceritakan asal usul manusia, perintah menikah, dan motivasi.Selalu sehat Ibu Risma

23 Dec

Mengikuti apa yang dilakukan Rasul merupakan keniscayaan bagi umat Islam. Teruntai doa untuk Abah semoga Rahmat Allah terlimpah untuk kesehatan Abah dan barakallahu fiik

23 Dec
Balas

Mengikuti Sunnah itulah yang terbaik, sedangkan perbedaan dalam memahami sesuatu itu adalah khazanah.Selalu sehat Ibu Siti barakallah

23 Dec



search

New Post