Leni Cahya Pertiwi

Leni Cahya Pertiwi, S.Pd adalah seorang guru di MTs Lempur Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci, Jambi. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kerinci, Sekepal Tanah Dari Surga (Bagian 3)
Foto: Dokumentasi Grup WA Literasi MTs Lempur (Farel & Alzi)

Kerinci, Sekepal Tanah Dari Surga (Bagian 3)

Danau Kaco Lempur

Kali ini saya akan membawa anda berkunjung ke Danau Kaco di Lempur. Danau ini sangat terkenal di kalangan para pecinta wisata petualangan. Lokasinya jauh di dalam hutan yang hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki kurang lebih 3-5 jam. Namun semuanya akan terbayar lunas saat mata disuguhkan pemandangan danau yang sangat indah.

Danau Kaco terletak di Lempur, kecamatan Gunung Raya, Jambi. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan situs warisan UNESCO. Danau ini termasuk danau yang berukuran kecil, sekitar 90 meter persegi. Sampai saat ini kedalamannya belum diketahui. Secara geografis danau ini terletak di 101.540402 BT dan 2.330258 LS pada ketinggian 1229 mdpl.

Danau kaco memiliki keunikan yang jarang ditemukan pada danau lain. Warna air di danau ini berwarna biru jernih. Pada malam hari air danau akan bercahaya, terutama pada saat bulan purnama. Ada beberapa penjelasan ilmiah penyebab warna biru pada air danau. Namun belum ada penelitian pasti yang mampu menjelaskannya.

Menurut legenda masyarakat setempat, warna air yang berkilau disebabkan karena intan permata yang disimpan oleh Raja Gagak. Intan permata itu merupakan perhiasan yang diberikan oleh pangeran-pangeran yang melamar putrinya Raja Gagak yang bernama Nepal Malintang.

Putri Nepal Melintang merupakan putri yang sangat cantik jelita sehingga banyak pangeran yang tertarik padanya. Bahkan ayahnya sendiri jatuh cinta pada sang putri. Raja Gagak melarikan sang putri dan seluruh perhiasan, lalu membenamkan ke danau. Karena itulah danau itu bercahaya.

Terlepas dari legenda dan misteri yang masih menyelimuti danau tersebut, Danau Kaco merupakan salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Untuk mencapai tempat ini, dari Jambi anda bisa langsung ke Desa Lempur. Saya sarankan anda menggunakan agen perjalanan atau travel Sinar Gunung. Travel ini milik salah seorang warga Lempur. Dengan travel ini anda akan langsung dibawa ke Lempur.

Di Lempur ada beberapa homestay yang bisa anda pilih sebagai tempat beristirahat sebelum berangkat ke Danau Kaco. Dari desa Manjuto Lempur, anda bisa mengendarai motor menuju gerbang ke Danau Kaco. Hanya membutuhkan waktu sekitar 8 menit. Dari gerbang ini, perjalanan harus ditempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 3 - 5 jam tergantung cuaca dan kekuatan fisik anda. Menurut salah seorang warga Lempur, Farel, jika berjalan cepat, lokasi bisa dicapai dalam waktu satu setengah jam.

Saat musim hujan, ada tantangan tersendiri saat melewati jalan ke lokasi. Menurut informasi yang penulis dapatkan dari beberapa warga yang pernah ke Danau Kaco, ada banyak pacat yang akan menempel di kaki saat anda melewati beberapa tempat. Namun jangan khawatir, Farel memberikan tips, "kalau musim hujan, gunakan sepatu bot agar kaki tidak ditempeli pacat." Sarannya.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung? Jangan kuatir akan nyasar. Warga Lempur banyak yang bersedia menjadi pemandu wisata gratis ke Danau Kaco.

Loged, 28022022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang menarik dan bermanfaat Bu....sehat dan sukses selalu

01 Mar
Balas

Keren banget ulasannya Bunda. Semoga sehat dan sukses selalu

28 Feb
Balas

Terima kasih Bu Sutarti. Sukses selalu buat ibu

28 Feb



search

New Post