Best Practise MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ADAB PROJECT DI KELAS ABU
A. Tahap Perencanaan Pendidik menggunakan strategi adab project sebagai strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia berdasarkan pengamatan terhadap permasalahan mendasar di kelas dimana beberapa peserta didik mengalami kesulitan untuk menulis dalam pembelajaran bahasa indonenesia di kelas. Strategi pembelajaran adab berbasis proyek dalam pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan untuk mengintegrasikan aspek moral dan karakter (adab) ke dalam proses pembelajaran. Fokusnya adalah tidak hanya pada pencapaian akademis, tetapi juga pengembangan sikap dan perilaku positif siswa. Berdasarkan pengamatan terhadap permasalahan yang ada pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. dimana beberapa peserta didik cenderung mengalami kesulitan dalam menulis.Dalam mengatasi permasalahan ini, pendidik mencari strategi pembelajaran yang tepat, dan pilihan jatuh pada strategi adab yang berbasis proyek. Strategi adalah merupakan sarana yang digunakan untuk mencapai tujuan akhir ( Jauhch dan Gluek : 2003 ). Serangkaian rencana atau tindakan yang dirancang secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi adab disini adalah merupakan singkatan dari dari Ajukan pertayaan Dampingi investigasi Ajak berkarya Bagikan hasil. Tahapan dari strategi ini terdiri dari beberapa tahapan yang pertama adalah ajukan pertayaan, dampingi inpestigasi, ajak berkarya, dan yang terakhir bagikan karya bisa melalui media sosial atau pameran. Memahami permasalahan yang ada pendidik merencanakan, mengorganisi dan menyusun solusi dan menyajikannya kepada peserta didik. Pentingnya berbagi praktik ini diakui oleh pendidik karena pengalaman mengajar ini dianggap berharga dan layak dibagikan kepada sesama guru. Dengan menggunakan strategi adab Project yang berbasis proyek peserta didik dilatih untuk berpikir kritis dan kreatif mereka aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Diharapkan pengalaman ini dapat menjadi referensi berharga bagi pendidik lain dalam mengajar dengan menggunakan starategi pembelajaran ini sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. B. Pelaksanaan Bagilah peran dan tanggung jawab peserta didik dalam kelompok sehingga setiap peserta didik memiliki tugas yang jelas. Pastikan setiap peserta didik paham pentingnya tanggung jawab untuk menyelesaikan bagian tugas mereka. Dorong peserta didik untuk berbicara sopan dan menghargai pendapat teman-temannya selama bekerja dalam kelompok. Guru aktif memantau kegiatan proyek, memberikan pujian untuk perilaku positif, serta mengingatkan peserta didik jika ada sikap yang tidak sesuai dengan nilai adab yang diharapkan. dan instrumen penilaian. Dalam konteks ini, adalah rublik penilaian pembelajaran yang diterapkan adalah strategi pembelajaran yang berbasis proyek. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik mencakup tiga aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sumber daya yang digunakan oleh pendidik termasuk modul ajar, bahan ajar, media, strategi pembelajaran, LKPD, dan instrumen penilaian. Selain itu, alat yang digunakan mencakup LCD Proyektor, Speaker, dan kamera untuk dokumentasi. Seluruh kegiatan ini dilaksanakan dengan baik. C. Visual Hasil Dampak dari langkah-langkah yang diambil mencakup terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Pendidik mampu memanfaatkan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman peserta didik. Selain itu, terbentuknya kreatifitas peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menulis tampak jelas, karena pada usia kelas awal dibutuhkan strategi yang dapat merangkum semua kemampuan peserta didik melalui starategi adab ini mereka menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi presentasi maupun berani untuk bertanya kepada guru. Sehingga hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran menjadi lebih efektif dengan penerapan strategi adab project berbasis proyek ini. Setiap kelompok mempresentasikan hasil proyek yang mereka di depan kelas
D. Tindak Lanjut Tanggapan dari rekan-rekan sejawat sangat positif, mereka menyambut baik upaya yang telah dilakukan oleh pendidik dan secara konsisten memberikan motivasi agar tujuan pembelajaran yang optimal dapat dicapai untuk peserta didik. Sementara itu, respons dari peserta didik juga sangat menggembirakan. Mereka tampil dengan semangat dalam mengikuti pembelajaran karena merasakan pengalaman baru yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Namun hasil dari proyek belum sebagus yang diharapkan sesuai dengan kosakata yang mereka miliki dan kemampuan berbahasa peserta didik. Disini adalah peserta didik dapat mengungkapkan kasih sayang melalui gambar,membuat lagu sederhana dan puisi sederhana
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar