Lenny Nurcahaya Purba

Guru SDN 173100 Tarutung...

Selengkapnya
Navigasi Web

April 2015 (Hanya Satu)

Pernahkah kamu merasakan bahwa kamu satu-satunya? Hanya kamu dari banyak orang. Tidak ada yang lain, ya hanya kamu. Aku pernah merasakannya. Rasa itu begitu istimewa. Lebih istimewa dari coklat batang berisi kacang almond dan kismis.

Kenaikan golongan bagi guru PNS merupakan sebuah apresiasi atas prestasi kerja yang dilakukan dalam periode tertentu. Pada saat itu, rata-rata seorang guru naik pangkat golongan setiap dua tahun sekali dengan angka kredit yang dipersyaratkan. Memulai pekerjaan sebagai guru PNS golongan 2b, aku harus mengikuti tahap demi tahap. Tiba di golongan 3b, kenaikan pangkatku terhenti. Banyak kendala yang aku hadapi yang tidak aku mengerti. Pada tahun kelima golongan 3bku, peraturan untuk kenaikan pangkat golongan guru mengalami perubahan. Banyak bukti fisik yang harus disiapkan dan wajib dinilai Tim Penilai kabupaten.

Perubahan peraturan ini bukan hal sulit bagiku. Sebab dari kecil, aku selalu belajar dari ayahku. Beliau seorang PNS. Ayahku selalu membuat dokumen berkasnya dalam satu tempat. Setiap kami meminta dokumen resmi, Ayahku menyediakannya dengan cepat. Sejak kecil aku juga senang dengan hobbi mengoleksi perangko. Koleksiku banyak dan kusimpan dengan rapi. Pelajaran berharga ini aku lakukan juga sejak diangkat menjadi Guru. Dokumen yang sering aku simpan adalah surat tugas, laporan kegiatan, hasil kegiatanku, foto pembelajaran, daftar hadir, karya tulis ilmiah, sertifikat pelatihan, piagam penghargaan, dan sebagainya. Walau dulu sering diejek karena sering mengambil foto, tapi aku tidak pernah merasa malu. Aku selalu berkata, kalau foto adalah bukti fisik yang real. Dan ternyata inilah waktunya membuktikan. Surat edaran kenaikan pangkat golongan pun diedarkan. Dengan cepat dan lengkap semua persyaratan aku lengkapi. Akan tetapi muncul satu masalah, yaitu penilaian Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Ilmu selamat pun dilakukan sesuai dengan Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit walau pun tidak yakin. Rasa haru terasa saat Kabid dikdas, memberitahukan di ujung telepon kalau berkas saya lolos dari tim penilai dan layak naik ke BKD. Waktu yang dinantikan pun tiba. Surat keputusan kenaikan pangkat ke 3d, saya terima dengan perasan mengharu biru, tepatnya 21 April 2015. SK di map merah aku dekap dan aku cium sebagai ucapan syukur. Betapa hebatnya Tuhan memberikan berkat. Namaku termasyur di penjuru Tapanuli Utara, hehehe. Aku bersyukur bahwa seorang Guru SD ditinggikan luar biasa oleh Tuhan. Sebagai bukti rasa syukur, aku sering berbagi ilmu dan soft copi Dupak dan SKP secara gratis kepada banyak guru. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Berbagi ilmu dengan sesama Guru akan berbuah kebaikan. Ketika kecewa menghampirimu, tetaplah tegak. Suatu saat kamu akan ditinggikan. Satu-satunya TMT April 2015 di Tapanuli Utara adalah Guru SD.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post