LEONORA FITRI AGUSTINA HUTABARAT

Saya adalah Guru Matematika di SMPN 116 Jakarta. Mulai bertugas dari tahun 2006 hingga sekarang. Saya lahir di kota kecil di Selatan Jawa Tengah...di kota Cilac...

Selengkapnya
Navigasi Web
MOVING CLASS (Tantangan Hari ke-5)

MOVING CLASS (Tantangan Hari ke-5)

Moving Class merupakan sistem belajar mengajar yang bercirikan siswa yang mendatangi guru di kelas. Konsep Moving Class mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada siswa untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Dengan moving class, pada saat subyek mata pelajaran berganti maka siswa akan meninggalkan kelas menuju kelas lain sesuai mata pelajaran yang dijadwalkan, jadi siswa yang mendatangi guru, bukan sebaliknya. Keunggulan sistem ini adalah para siswa lebih punya waktu untuk bergerak, sehingga selalu segar untuk menerima pelajaran.

Sekolah saya, SMPN 116 Jakarta pernah mempraktekkan cara belajar seperti ini. Setiap ruang kelas berfungsi sebagai laboratorium, yaitu laboratorium IPA, IPS, Matematika, Bahasa, Prakarya, Kesenian, Komputer, dan Olahraga. Untuk Mata Pelajaran Agama disediakan Masjid dan Ruang Media untuk siswa yang beragama non Muslim. Semua alat peraga ditempatkan di dalam ruangan kelas sesuai mata pelajaran masing-masing dan setiap guru mata pelajaran bertanggung jawab atas ruang kelasnya masing-masing. Siswa sangat berkesan dengan sistem pembelajaran itu. Mereka dapat melihat semua alat peraga yang dipajang di dalam kelas, bahkan bisa langsung mencobanya. Dekorasi tiap-tiap kelas menjadi ketertarikan tersendiri bagi para siswa untuk datang. Guru juga tidak perlu lagi repot membawa alat peraga ke kelas-kelas. Semuanya sudah tersedia.

Adapun tujuan penerapan moving class adalah :

Memfasilitasi siswa yang memiliki beraneka macam gaya belajar, baik visual, auditori, dan kinestetik untuk mengembangkan dirinya Menyediakan sumber belajar, alat peraga, dan sarana belajar yang sesuai dengan karakter mata pelajaran Melatih kemandirian, kerjasama, dan kepedulian sosial siswa. Karena dalam moving class mereka akan bertemu dengan siswa lain bahkan dari jenjang yang berbeda setiap ada perpindahan kelas atau pergantian mata pelajaran Merangsang seluruh aspek perkembangan dan kecerdasan siswa (multiple intelegent) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran Proses pembelajaran melalui moving class akan lebih bermakna karena setiap ruang/ laboratorium mata pelajaran dilengkapi dengan perangkat-perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Jadi setiap siswa yang akan masuk suatu ruang/ laboratorium mata pelajaran sudah dikondisikan pemikirannya pada mata pelajaran tersebut. Guru mata pelajaran dapat mengkondisikan ruang/ laboratoriumnya sesuai dengan kebutuhan setiap pertemuan tanpa harus terganggu oleh mata pelajaran lain. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu pembelajaran Meningkatkan disiplin siswa dan guru Meningkatkan keterampilan guru dalam memvariasikan metode dan media pembelajaran yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari Meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan bersikap terbuka pada setiap mata pelajaran Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Tertarik mencoba?

# TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisannya bagus Bu dan sangat informatif sehat n sukses selalu

28 Jan
Balas

Trims so much Bu...your support is my spirit

28 Jan



search

New Post