Liana Maharani

Saya merupakan mahasiswa semester 2 PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 yang mengikuti perkuliahan di LPTK Universitas Pendidikan Ganesha...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aksi Nyata Topik 1 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan

Aksi Nyata Topik 1 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan

Refleksi Pembelajaran menggunakan alur MERDEKA

- Mulai dari diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawaban :

Hal yang saya pikirkan mengenai topik ini sebelum memulai proses pembelajaran berkaitan dengan konteks sosial dan budaya sebagai calon guru yang perlu memperhatikan dan memahami dalam proses pembelajaran.

- Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Hal yang dapat saya pelajari melalui beberapa video yang dicantumkan pada LMS yakni pada Video 1 (Link : https://www.youtube.com/watch?v=Zw6DrK8jkAQ&feature=youtu.be) pendidikan hanya diselenggarakan secara terbatas, baik pada akses maupun tujuan pembelajarannya pada sejarah zaman kolonial Belanda yakni secara bertahap pendidikan di Indonesia diciptakan melalui seperti Sekolah BumiPutera pada tahun 1854 yang dibagi dalam 3 kelas yang diajarkan pada aspek membaca, menulis, dan berhitung yang seperlunya bagi yang membantu usaha dagang kolonial Belanda. Pendidikan dan pengajaran bagi calon mudir dokter jawa. Kemudian pada tahun 1922 lahirlah Taman Siswa sebagai gerbang emas kebebasan dan kemerdekaan bagi rakyat untuk bebas dan merdeka saat itu. Dari berbagai rentetan perjalanan pendidikan di Indonesia, maka didasari oleh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik di dalamnya sehingga memiliki pengaruh yang besar dalam bidang pendidikan kala itu.

- Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Jawaban :

Hal-hal yang saya dan rekan-rekan kelompok pelajari pada ruang kolaborasi yakni menyimak 5 video yang berkaitan dengan faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik penting yang mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran di kelima daerah tersebut. Setelah menyimak, kami menjawab beberapa soal yang berkaitan dengan 5 video tersebut yang dijawab melalui word dan power point. Poin-poin penting kami sajikan melalui Canva (bentuk power point) yang dapat diakses melalui QR berikut :

- Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawaban :

Hal-hal penting yang telah saya pelajari dari alur “Demonstrasi Kontekstual” yakni bagi diri saya sendiri mendapatkan wawasan baru mengenai perspektif sosiokultural yang membahas mengenai faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang berpengaruh dalam proses pembelajaran di kelas. Sebagai seorang guru harus memahami dan mempelajari hal-hal baru jika nanti ditempatkan sebagai guru di luar domisili yang harus beradaptasi dengan faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik di setiap daerah.

- Elalobrasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Jawaban : Hal-hal yang saya pahami mengenai topik ini adalah proses pembelajaran di kelas bukan hanya sekedar mengajar kepada peserta didik, namun harus memahami dan mengerti akan kondisi beberapa faktor seperti faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang berbeda-beda di setiap daerah.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Jawaban :

Hal-hal baru yang saya pahami dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran yakni mengenai pendidikan multikulturalisme saya memahami bahwasanya pendidikan multicultural ini merupakan hal dalam memahami dan mengembangkan berbagai potensu yang ada pada setiap manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya dalam keberagaman dan kemajemukan dalam budaya, etnis, suku, dan agama. Pendidikan multikulturalisme sangat penting untuk dipahami oleh pendidikan karena dapat mengenalkan pada peserta didik akan keberagaman budaya, sosial, ekonomi dan politik serta pencegahan diskriminasi dalam kelas atau lingkup pendidikan. Kaitan dengan mediasi, saya sebagai calon guru dapat memahami mengenai pencegahan jika terjadi sebuah konflik antara peserta didik sehingga penyelesaiannya dapat dilakukan tanpa berpihak pada individu atau kelompok tertentu namun akan diperlakukan dengan adil dan tidak membedakan hak dan kewajiban serta menanamkan sikap toleransi antar peserta didik di sekolah.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Jawaban :

Hal-hal yang ingin saya pelajari mengenai lebih lanjut adalah :

1) Bagaimana cara guru untuk mengetahui potensi belajar yang dimiliki oleh peserta didik? Terutama bagi yang mengalami kesulitan dalam menjalin interaksi.

2) Bagaimana cara mengetahui dan mengelola ZPD masing-masing peserta didik yang tentunya berbeda-beda dan memakan waktu yang lama?

- Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun mata kuliah lain?

Jawaban :

Hal yang telah saya pelajari dalam koneksi antar materi ini baik pada mata kuliah yang sama ataupun pada mata kuliah yang lain yakni adanya beberapa kaitan dengan mata kuliah lain, seperti Filosofi Pendidikan Indonesia, Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya, Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I, PPL I, dan lainnya memberikan kesimpulan bahwa dengn memahami perspektif sosiokultural, dapat merancang pengalaman yang lebih relevan, mendukung perkembangan peserta didik serta mempertimbangkan keberagaman budaya dalam pengajaran dan asesmen pada proses pembelajaran di kelas.

- Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat pembelajaran perspektif sosiokultural ini bagi saya sebagai calon guru yakni dapat memahami dan mempelajari berbagai faktor yang ada di setiap daerah di tempat penugasan mengajar nanti, seperti faktor sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10?

Kesiapan saya dalam skala 1-10 adalah 8.

Apa alasannya?

Alasannya karena menerapkan pembelajaran berdasar pada teori sosiokultural ini tidak hanya sekadar konsep / teori namun juga praktik dan latihan yang secara berkelanjutan. Berdasar hal tersebut maka guru memungkinkan untuk benar-benar siap dengan memaksimalkan potensi belajar dari peserta didik.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal-hal yang perlu saya siapkan lebih lanjut agar bisa menerapkannya secara optimal yakni harus bisa beradaptasi dengan berbagai hal yang ada, seperti faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik di setiap daerah yang berbeda-beda. Hal tersebut berpengaruh dengan pendidikan dan proses pembelajaran yang ada di kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post