Libe Mart Cerita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengendalikan Diri (Self Control)

Mengendalikan Diri (Self Control)

Salah satu musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri. Saat seseorang tidak bisa mengendalikan dirinya, bisa terjadi hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Menurut beberapa sumber yang penulis baca pengendalian diri merupakan kemampuan seseorang mengendalikan diri secara sadar untuk menghasilkan yang tidak merugikan orang lain sesuai norma sosial. Artinya pengendalian diri harus dilakukan secara sadar, tidak timbul atau lahir begitu saja.

Kita perlu pengendalian diri dalam beberapa hal

a. Keinginan mata

Di era teknologi serba cepat dan adanya media sosial yang setiap saat menawarkan barang-barang bagus dengan harga yang miring tanpa harus ke luar rumah. Jika kita tidak bisa mengendalikan diri, barang yang tidak diperlukan pun bisa dibeli pada hal dana untuk membeli barang tersebut tidak dianggarkan.

b. Keinginan daging

Keinginan daging seperti amarah, iri hati, hawa nafsu, dan kesombongan. Kita sering mendengar dan menyaksikan di berita, karena tidak mampu mengendalikan amarah atau emosi, iri hati, hawa nafsu, seseorang tanpa sadar sampai melakukan tindakan yang melanggar norma sosial dan melakukan tindakan kriminal seperti perampokan, pencurian, pembunuhan, pelecehan yang membuat pelaku harus berurusan dengan hukum.

c. Keinginan mulut/perkataan

Ada pepatah lama yang mengatakan, karena mulut badan binasa. Selain harus menjaga makanan apa yang masuk ke dalam tubuh kita melalui mulut yang tak kalah penting adalah bagaimana kita menjaga perkataan yang keluar dari mulut kita. Hendaknya perkataan yang keluar dari mulut kita bisa memotivasi dan menyejukkan hati orang-orang yang mendengarnya. Bukan perkataan yang menghina dan merendahkan.

Mengendalikan diri tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu waktu, proses, dan usaha serta keteguhan hati. Dengan mengendalikan diri hidup kita akan lebih baik dan bijak, serta tidak merugikan orang lain. Jadi, jangan biarkan hidup kita dikuasai amarah, iri hati, hawa nafsu, dan kesombongan. Bjm, 130922

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

13 Sep
Balas

Terima kasih Pak Dede, salam sehat dan sukses selalu.

14 Sep

Ulasan yang inspiratif. Makasih ilmunya, Bunda

14 Sep
Balas

Terima kasih Bunda Erna, sama-sama belajar Bund, salam sehat dan bahagia selalu.

15 Sep

Keren bunda, semoga kita semua mampu mengendalikan diri pada hal yang baik

14 Sep
Balas

Terima kasih Bunda Sofia, salam sehat dan bahagia selalu.

14 Sep

Yup setuju Bunda, tulisan bergizi. Itu semua butuh pembiasaan untuk melatih, moga kita berhasil dlm proses.

14 Sep
Balas

Terima kasih Bunda Rina, salam sehat dan bahagia selalu.

14 Sep

Keren ulasannya dan informatif bunda Libe, semoga sukses selalu

13 Sep
Balas

Terima kasih Bunda Sri, salam sehat dan bahagia selalu.

14 Sep

Btl bgt bunda. Melawan diri sendiri itu tdk mudah. Keren ulasannya

14 Sep
Balas

Terima kasih Bunda Sisca, salam sehat dan bahagia selalu.

14 Sep

Ulasan yang indpiratif dan informatif. Salam sukses selalu.

14 Sep
Balas

Terima kasih Bunda Siti, salam sehat dan bahagia selalu.

14 Sep

Ulasan yang inspiratif, sukses Bu Libe Mart

13 Sep
Balas

Terima kasih Pak Rochadi, salam sehat dan sukses selalu.

14 Sep

Sepakat pake banget, Bu. Pengendalian diri kunci kehidupan. Semoga kita selalu bisa. Salam sehat dan sukses selalu.

14 Sep
Balas

Terima kasih Bunda Cicik, salam sehat dan bahagia selalu.

14 Sep

Tulisannya bermanfaat Bu Libe. Mengena...Semiga bertambah sukses.

13 Sep
Balas

Terima kasih Bunda Alina, salam sehat dan bahagia selalu.

14 Sep

mantap keren cadas... ulasan keren menewen, mencerahkan... salam literasi sehat sukses selalu bunda Libe bersama keluarga tercinta

13 Sep
Balas

Terima kasih Pak Sugiharto, salam sehat dan sukses selalu.

14 Sep

Keren bu Libe, semoga kita semua mampu mengendalikan diri pada hal yang baik..

14 Sep
Balas

Terima kasih Bunda Eva, salam sehat dan bahagia selalu.

14 Sep



search

New Post