lilik hayati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

5M, Kepoin Yuks!

Elearning Guru Belajar

Topik 1: Konsep PJJ

PJJ dengan cara 5M

Guru harus merancang PJJ yang bermakna, relevan secara konteks dan konten dengan kehidupan siswa. Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran dengan cara 5M yang terdiri dari

1. Memanusiakan hubungan

Merupakan pembelajaran yang dilandasi orientasi pada anak berdasarkan relasi positif yang saling memahami antara guru, siswa, dan orang tua. Memanusiakan hubungan dapat dilakukan dengan cara mengetahui profil kondisi orang tua, mengumpulkan informasi waktu yang tepat mendampingi anak belajar, berdiskusi dengan orang tua siswa tentang cara belajar, perkembangan dan proses belajar, dan kebiasaan anak di rumah.

2. Memahami konsep

Pembelajaran yang memandu anak menguasahi pemahaman konsep bukan sekedar menguasahi konsep. Cara melakukannya yaitu guru memandu anak menguasahi kompetensi yang dapat diterapkan diberbagai konteks, diskusi dengan orang tua tentang aktivitas pembelajaran di rumah dan tujuan pembelajaran.

3. Membangun keberlanjutan

Pembelajaran yang memandu anak menguasahi rute pengalaman belajar yang terarah dan berkelanjutan melalui umpan balik dan berbagai praktik baik. Guru dan orang tua diskusi tentang apa yang sudah dipelajari, tantangan yang dialami, dan strategi mengatasi tantangan belajar.

4. Memilih tantangan

Pembelajaran yang memandu anak menguasahi keahlian melalui proses yang berjenjang dengan pilihan tantangan yang bermakna. Peran orang tua memberikan pilihan media dan cara untuk belajar, menyusun jadwal belajar.

5. Memberdayakan konteks

Pembelajaran yang memandu anak melibatkan sumber daya dan kesempatan di komunitas sebagai sumber belajar sekaligus kesempatan berkontribusi terhadap perubahan. Peran orang tua adalah mendorong anak terlibat dalam komunitas, memberikan akses belajar yang relevan, menjadi nara sumber untuk topik yang relevan dengan pembelajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post