LILIK MASRUKHAH,M.Pd

Lilik Masrukhah adalah salah satu guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Wonoayu,tepatnya sebagai ketua tim Literasi di SMP N 2 Wonoayusejak thn 2017.Menulis bagin...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nilai hari Lebaran dalam pandangan islam

Nilai hari Lebaran dalam pandangan islam

Hari lebaran bukamlah semata mata rutinitas tahunan biasa.Lebaran menjadi sangat berarti karena sejatinya ia berkaitan dengan ibadah ibadah penting lainya dalam pandangan islam.Hari lebaran dilaksanakan setelah kaum muslimin berpuasa sebulan penuh dibulan ramadhan.

Selayaknya hari lebaran dimaknai oleh kaum muslimin sebagai bentuk suka cita karena keutamaan dari karunia Allah,Sublimasi dari kebahagian karena ketaatan menjalankan ibadah.Rasa syukur seutuhnya karena takwa dan amal sholeh.

Di setiap hari raya,disyariatkan amal ibadah yang mengandung nilai sosial,disamping nilai ketaatan dan kepatuhan kepada Allah sebagai tujuan utamanya.uraian diatas salah satu bukti bahwa hari raya lebaran adalah hari kebahagian kaum muslimin.

Tujuanya adalah agar seluruh kaum muslimin dapat merasakan kebahagiaan termasuk mereka yang tidak berkecukupan.walaupun pada hari lebaran menampakkan kebahagiaan dan bersenang senang,bukan berarti kaum muslimin bebas melaksanakan perbuatan apa saja,namun harus tetap berada pada koridor yang dibenarkan bukan dengan perbuatan dan aktivitas maksiat.

Idulfitri merupakan moment untuk mencapai derajat "muchsin",pangkat tertinggi setelah muslim dan mukmin.Jika manusia sanggup berbuat baik dengan orang orang yg berbaik padavdirinya,maka orang teraebut disebut"Adil'".namun jika ad yang sanggup tersenyum ria dan bertutur kata dengan baik kepada orang yg berbuat jahat kepadanya maka di disebut " icksan",sedang pelakunya disebut muchsin

Semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah...Eh ndak pk cuma sambil nayangin fit buku sy sj... Alhamdulillah ad 14 buku (6 buku antology dan 8 buku karangan pribadi) baik fiktif dan non fiktif

11 Jun
Balas

Wah bedah buku sendiri ya bu. Hebat dah terbit.

10 Jun
Balas



search

New Post