Lili Priyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Hari ke-1007 BEKASI MAKIN BERANI DI LOKAKARYA ORIENTASI   PROGRAM PENDIDIKAN GU
BEKASI MAKIN BERANI DI LOKAKARYA ORIENTASI PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

Tantangan Hari ke-1007 BEKASI MAKIN BERANI DI LOKAKARYA ORIENTASI PROGRAM PENDIDIKAN GU

Tantangan Hari ke-1007

BEKASI MAKIN BERANI DI LOKAKARYA ORIENTASI

PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

Penulis Lili Priyani (Pengajar Praktik Calon Guru Penggerak)

Hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2022, bertempat di SMP Negeri 1 Cikarang Barat berhimpunlah para guru hebat se-Kabupaten Bekasi. Sebanyak 150 dari Dinas Pendidikan Kab. Bekasi, perwakilan Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat (BBGP Jabar), Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Pengajar Praktik, dan Calon Guru Penggerak, hadir mengikuti Lokakarya Orientasi dalam Program Pendidikan Guru Penggerak.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggagas Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) yang sekarang sudah sampai Angkatan ke-7. Lokakarya Orientasi bertujuan agar CGP mengenal ekosistem belajar di program guru penggerak; CGP memahami program Guru Pendidikan Guru Penggerak (alur, peran tim pendukung, kompetensi lulusan); CGP mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak; CGP dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, berikut dukungan yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi; dan CGP memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan dan contoh protofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi.

Dilaksanakan secara luring, acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Bekasi, Drs. H. Asep Saepulloh, M.Pd. Dihadiri pula oleh Kabid GTK Dinas Pendidikan Kab. Bekasi, Asep Permana, S.Pd., M.Si. yang dalam kesempatan ini turut pula menyampaikan materi Penyamaan Persepsi bagi para Pengajar Praktik.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Bekasi menyampaikan, ”Program Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Selama pelaksanaan program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.”

Sementara itu, Asep Permana menegaskan, “Guru Penggerak diharapkan mampu memajukan Pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bekasi untuk mewujudkan Bekasi Makin Berani.”

Jargon ‘Bekasi Makin Berani’ adalah akronim dari Mantapkan Kinerja dalam Bekerja dan Melayani. Slogan ini diserukan oleh PJ. Bupati Bekasi, Dani Ramdan untuk memantik energi baru yang mampu membangkitkan semangat para pejabat, pegawai pemerintahan, bahkan masyarakat umumnya. Gerakan yang disimbolkan dengan tangan menyilang di dada, diharapkan bisa memantik semangat dan membangkitkan keyakinan bahwa Kabupaten Bekasi bisa lebih baik dan lebih maju dari hari sebelumnya dan bahkan dari hari ini.

Sebagai seorang Pengajar Praktik yang mengambil peran dalam Program Pendidikan Guru Penggerak, saya turut hadir dalam rangka membersamai para Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan ke-7 ini. Bersama 13 guru yang bertugas sebagai Pengajar Praktik, kami mendampingi para CGP. Harlina, Ahmad Munif, Eny Fadliah, Halimatus Syakdiyah, Vina, Sri Nurcahya, Kasim, Wahyu Lesmono, Nurmi Andriyani, Ade Maria, Eva adalah Pengajar Praktik yang berasal dari berbagai satuan pendidikan di Kabupaten Bekasi. Kami akan mendampingi masing-masing 7 orang CGP.

Usai pembukaan, para CGP diarahkan untuk memasuki ruang kelas yang dibagi menjadi empat kelas (kelas 1 – 4). Masing-masing kelas didampingi oleh Pengajar Praktik (PP). Saya, Pak Ahmad Munif, dan Ibu Vina tergabung dalam satu kelas yaitu kelas 4. Pada Lokakarya Orientasi ini, sebanyak 21 CGP, Pengawas, dan Kepala Sekolah turut hadir di kelas mengikuti kegiatan. Agenda aktivitas yang dilakukan dalam kelas dimulai dengan perkenalan diri. Dilanjutkan dengan membuat kesepakatan kelas, menyampaikan harapan dan kekhawatiran, menyimak Pengantar Program Pendidikan Guru Penggerak dan Perjalanan CGP, menentukan posisi diri, membuat rencana pengembangan kompetensi diri, pengenalan portofolio, sampai kepada refleksi peserta. Semua agenda bisa dilaksanakan dengan lancar. Kami, bertiga sebagai Pengajar Praktik berbagi tugas untuk menghadirkan kegiatan Lokakarya Orinetasi yang bermakna dan menyenangkan.

Semua agenda menjadi kegiatan yang mengasyikkan bagi seluruh CGP. Seperi diungkapkan oleh Candra Mulyana, “Saya bersyukur bisa berada di antara para guru hebat. Banyak hal yang bisa saya pelajari dalam pertemuan ini. Para Pengajar Praktik begitu kompeten di bidangnya, dan ini menambah keyakinan saya bahwa saya akan mendapatkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi pengembangan kompetensi diri saya dan sebagai bekal saya dalam ikut serta meningkatkan pendidikan di Kabupaten Bekasi khususnya.”

Hal ini sejalan dengan peran serta Guru Pengerak yang merupakan pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Hingga waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB, seluruh peserta masih belum menyurutkan semangatnya untuk menuntaskan kegiatan. Para CGP sangat antusias dan bahagia terpancar dari wajah-wajah para guru hebat ini. Harapan untuk mewujudkan Bekasi Makin Berani bisa teralisasi melalui Program Pendidikan Guru Penggerak. Guru Penggerak diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan yang mewujudkan generasi unggul Indonesia.

(Cikarang Utara, 24 Oktober 2022)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

hebat dan sukses terus mami

25 Oct
Balas

Semangat terus mami

25 Oct
Balas

Selalu menginspirasi mami!

25 Oct
Balas

Kereenn mamii

24 Oct
Balas

semangat terus mami

25 Oct
Balas

mantap mamiiiii

25 Oct
Balas

keren mami

26 Oct
Balas

Masyaallah mantap betul mami sangat menginspirasi!

24 Oct
Balas

keren selalu mami

25 Oct
Balas

Kereenn mamii

25 Oct
Balas

Kerenn mantep mamii

24 Oct
Balas

kerenn mamii, semangat yaa mamii buat kedepan nyaa!!!

24 Oct
Balas

keren mami, semangat terus !!

25 Oct
Balas

Manatap mamii

25 Oct
Balas

Keren mamiii, sangat menginspirasiii

24 Oct
Balas

Kerenn mamiii

25 Oct
Balas

kereenn mamii

01 Nov
Balas

Keren mamiii

24 Oct
Balas

Keren, semangat terus mami

25 Oct
Balas

selalu semangat, mami

24 Oct
Balas

selalu semangat, mami

24 Oct
Balas

Keren mami

25 Oct
Balas

keren mami

24 Oct
Balas

keren mami

24 Oct
Balas

keren banget miii

24 Oct
Balas

keren mamiii

25 Oct
Balas

kerenn bangettt mami, semangattt mami!!

24 Oct
Balas

Keren mamiii

24 Oct
Balas

keren sangat menginspirasi mamii!!

25 Oct
Balas

slalu smngt mii

24 Oct
Balas

slalu smngt mii

24 Oct
Balas

slalu smngt mii

24 Oct
Balas

Keren mamiii, semangat!!

25 Oct
Balas



search

New Post