Lili Priyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Hari ke-1014 GAUNGKAN CINTA BAHASA DI SMANDA CITRA
GAUNGKAN CINTA BAHASA DI SMANDA CITRA

Tantangan Hari ke-1014 GAUNGKAN CINTA BAHASA DI SMANDA CITRA

Tantangan Hari ke-1014

GAUNGKAN CINTA BAHASA DI SMANDA CITRA

(PERINGATAN BULAN BAHASA)

Penulis: Lili Priyani

Lazim diketahui bahwa setiap tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Dari Wikipedia, dijelaskan bahwa istilah ‘Sumpah Pemuda’ tidak muncul dalam putusan kongres pemuda, sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Naskah irisinal diabadikan menggunakan ejaan Van Ophuijsen. Kongres Pemuda II yang mengahasilkan Sumpah Pemuda menjadi tonggak dalam menhawali kesadaran kebangsaan. Sumpah Pemuda mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa dan membuktikan bahwa perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti ‘berbeda-beda tetapi tetap satu.’

Sebagaimana yang tertuang dalam Sumpah Pemuda untuk menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia maka bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Bahasa. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang biasa digunakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sepatutnyalah kita sebagai bangsa Indonesia senantiasa mempelajari dan dapat menguasai bahasa nasional dengan baik dan benar. Namun tak hanya itu, kita juga harus selalu melestarikan bahasa daerah supaya warisan budaya Indonesia senantiasa dapat terjaga. Di samping itu, sepatutnya kita dapat menguasai bahasa internasional dan bahasa asing, seperti bahasa Inggris dan bahasa Jepang atau bahasa asing lainnya.

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa tahun ini, SMA Negeri 2 Cikarang Utara menggelar berbagai lomba. Kegiatan Bulan Bahasa SMA Negeri 2 Cikarang Utara diberi nama Gema SMANDA CITRA akronim dari “Gemerlap Berbahasa SMA Negeri 2 Cikarang Utara”. Kata ini memiliki filosofi agar seluruh peserta didik SMA Negeri 2 Cikarang Utara dapat menjunjung tinggi bahasa, ikut serta melestarikan bahasa daerah, serta mampu mengetahui dan menguasai berbagai bahasa asing. Tema yang diusung yaitu “Gaungkan Cinta Bahasa Pelajar Smanda Citra.” Makna dari tema ini adalah melalui kegiatan Bulan Bahasa diharapkan dapat menciptakan peserta didik yang lebih mencintai, memiliki kebanggaan terhadap bahasa Indonesia, dapat melestarikan bahasa daerah, serta dapat lebih membuka wawasan berbagai bahasa asing sehingga dapat menciptakan generasi yang mampu bersaing dan beradaptasi di lingkup luar atau global.

Seperti yang disampaikan oleh Dini Rahmawati, Ketua Panitia Bulan Bahasa 2022, “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri siswa SMA Negeri 2 Cikarang Utara, untuk menggali potensi diri siswa, mengembangkan ilmu pengetahuan berbahasa di lingkungan sekolah, dan meningkatkan jiwa kompetitif yang tepat sehingga dapat mengajarkan banyak hal seperti sikap sportif dan jiwa bersaing yang edukatif dalam diri siswa SMA Negeri 2 Cikarang Utara.”

Bersama rekan Putra-putri Sekolah (PPS) dan Pengurus OSIS, panitia bahu-membahu mempersiapkan acara ini. Setelah vakum selama bertahun-tahun, terlebih di masa pandemic Covid-19, banyak agenda kegiatan sekolah yang mati suri. Kini beragam kegiatan digelar, termasuk Bulan Bahasa. Kolaborasi antara panitia siswa dan guru pendamping mampu menyukseskan kegiatan ini.

Rangkaian lomba yang diselenggarakan dalam kegiatan Bulan Bahasa tahun 2022 ini adalah story telling (bercerita dalam bahasa Inggris), membaca puisi (berbahasa Indonesia), maca sajak Sunda (berbahasa Sunda), bernyanyi lagu Jepang, dan kelas berliterasi. Berikut ini petunjuk teknik perlombaan.

A.PETUNJUK TEKNIS LOMBA PUISI BAHASA INDONESIA

1. Setiap kelas X, XI, dan XII wajib mengirimkan perwakilan 1 siswa untuk mengikuti lomba puisi bahasa Indonesia.

2. Peserta lomba puisi bahasa Indonesia wajib hadir 5 menit sebelum Perlombaan puisi bahasa Indonesia dimulai.

3. Durasi lomba puisi bahasa Indonesia maksimal 3 menit.

4. Tema lomba puisi bahasa Indonesia yaitu “Berbangsa dan Bernegara” dengan syarat tidak mengandung sajak atau maksud negatif serta unsur SARA.

5. Isi puisi dapat berupa karya pribadi maupun karya orang lain.

6. Dresscode peserta lomba menyesuaikan dengan tema atau kebutuhan lomba masing-masing peserta lomba.

7. Dalam penampilannya, peserta tidak diperkenankan bekerja sama dengan pihak lain kecuali pada waktu persiapan.

8. Peserta harus menyebutkan dengan jelas judul puisi yang dibaca serta nama pengarangnya.

B. PETUNJUK TEKNIS LOMBA MACA SAJAK BAHASA SUNDA

1. Setiap kelas X, XI, dan XII wajib mengirimkan perwakilan 1 siswa untuk mengikuti Lomba Maca Sajak Sunda.

2. Peserta lomba maca sajak Sunda wajib hadir 5 menit sebelum perlombaan Sajak bahasa Sunda dimulai.

3. Durasi Lomba Maca Sajak Sunda terhitung ketika peserta memulai lomba hingga berakhirnya penampilan peserta.

4. Peserta Lomba Maca Sajak Bahasa Sunda dapat memilih salah satu judul sajak yaitu “Tanah Sunda” karya Godi Suwarna, “Cadas Pangeran” karya Yus Rusyana, dan “Gerilya” karya Rahmat M. Saskarana

5. Dresscode peserta Lomba Maca Sajak Bahasa Sunda mengenakan pakaian seragam sekolah hari Selasa.

6. Dalam penampilannya, peserta tidak diperkenankan bekerja sama dengan pihak lain kecuali pada waktu persiapan.

7. Peserta hanya mengandalkan kekuatan vokal dan ekspresi serta tidak diperkenankan membawa perlengkapan atau aksesoris properti apapun kecuali naskah teks sajak.

8. Peserta harus menyebutkan dengan jelas judul sajak yang dibaca serta siapa pengarangnya.

C. PETUNJUK TEKNIS LOMBA STORY TELLING BAHASA INGGRIS

1. Setiap kelas X, XI, dan XII wajib mengirimkan perwakilan 1 siswa untuk mengikuti lomba story telling bahasa Inggris.

2. Peserta lomba story telling bahasa Inggris wajib hadir 5 menit sebelum perlombaan story telling bahasa Inggris dimulai.

3. Durasi lomba story telling maksimal 3 menit.

4. Tema lomba story telling bahasa Inggris dibebaskan dengan syarat tidak mengandung kalimat atau maksud negatif serta unsur SARA.

5. Dresscode peserta lomba menyesuaikan dengan tema atau kebutuhan lomba masing-masing peserta lomba.

6. Dalam penampilannya, peserta tidak diperkenankan bekerja sama dengan pihak lain kecuali pada waktu persiapan.

D.PETUNJUK TEKNIS LOMBA MENYANYI BAHASA JEPANG

1. Setiap kelas X, XI, dan XII wajib mengirimkan perwakilan 1 siswa untuk mengikuti lomba menyanyi bahasa Jepang.

2. Peserta lomba menyanyi bahasa Jepang wajib hadir 5 menit sebelum perlombaan menyanyi bahasa Jepang dimulai.

3. Durasi lomba menyanyi bahasa Jepang maksimal 3 sampai 4 menit.

4. Peserta lomba dapat menyanyikan lagu bahasa Jepang apapun dengan syarat tidak mengandung lirik atau maksud negatif serta unsur SARA.

5. Dresscode peserta lomba menyesuaikan dengan tema atau kebutuhan lomba masing-masing peserta lomba.

6. Dalam penmapilannya, peserta tidak diperkenankan bekerja sama dengan pihak lain kecuali waktu persiapan.

E. PETUNJUK TEKNIS LOMBA KELAS BERLITERASI

1. Setiap kelas X, XI, dan XII wajib mengikuti lomba pojok baca dan mading kelas. Seluruh siswa di kelas wajib saling bekerja membuat pojok baca dan mading kelas.

2. Setiap kelas bebas menghias pojok baca dan mading kelas semenarik dan sekreatif mungkin.

3. Judul mading dibuat dengan judul sekreatif dan seunik mungkin.

4. Tema lomba mading adalah pengetahuan nusantara dan dunia.

5. Bahan, alat dan perlengkapan pembuatan lomba pojok baca dan mading kelas disiapkan oleh peserta.

6. Konten mading dapat berupa opini dari peserta, profil atau tokoh yang berkaitan dengan nusantara atau dunia, berita, artikel, tips, info unik, ilustrasi dan lain sebagainya. Konten mading wajib dibuat sekreatif mungkin.

7. Peserta dilarang membawa topik atau isi artikel yang mengandung SARA atau pornografi dan tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia seperti kesusilaan, moral, atau kekerasan.

Tanggal 25 Oktober 2022, diawali dengan apel Pembukaan Bulan Bahasa pada pukul 07.00 WIB yang diikuti oleh seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik. Kepala Sekolah membuka secara resmi rangkaian perlombaan. Dengan pengguntingan pita dan pemukulan gong menandakan acara dimulai. Para juri bersiap melaksanakan justifikasi atau proses penjurian. Untuk Lomba Story Telling dinilai oleh Ibu Ipah Siti Siratul dan Ibu Dian Kusumawardhani. Lomba Membaca Puisi Berbahasa Indonesia dinilai oleh Ibu Ernawat dan Ibu Raiza Zenitya. Lomba Maca Sajak Sunda dinilai oleh Bapak Dedi Suharna dan Bapak Arfan Falfariq. Lomba Menyanyi Lagu Jepang dinilai oleh Ibu Nining Rohmah dan Pak Mohammad Ade Irwan. Lomba Kelas Berliterasi dinilai oleh Kepala Sekolah (Bapak M. Ilham Hasan), Bapak Dwi Priyono, Bapak Munabbi Riasah, dan Ibu Lili Priyani.

Acara berlangsung meriah. Seluruh peserta lomba dan siswa yang mendukung penampilan temannya menunjukkan sikap antusias dan bersemangat. Pemenang sudah ditentukan dengan penilaian yang objektif dan bisa dipertanggungjawabkan. Berikut ini nama pemenang lomba Bulan Bahasa 2022.

A. Lomba Story Telling: Juara 1 Rafi Rama Putra (XII MIPA-1), Juara 2 Salma Ramadhani Juarsa (X MIPA-4), dan Juara 3 Luthfanza Nur Asy Syifa Wijaya (X IPS- 6)

B. Lomba Membaca Puisi: Juara 1 Naswa Bunga Sadina (XI IPS-3), Juara 2 Johan Amanda Maliku (XII MIPA-4), dan Salvia Sindhu Cahyani (X MIPA-5)

C. Lomba Maca Sajak Sunda: Juara 1 Merliana Ananda Putri (XII MIPA-5), Juara 2 Razmi Nurul Aini (XI IPS-3), dan Juara 3 Alifya Zhafira (XI MIPA-1)

D. Lomba Menyanyi Bahasa Jepang: Juara 1 Alea Zalfa Nabila 9X MIPA-1), Juara 2 Salwa Nazara Fazira (XI IPS-3), Juara 3 Defira Ariyanti (XI IPS-1)

E. Lomba Kelas Berliterasi: XII IPS-4, XI MIPA-1, dan X IPA-2.

Selamat kepada pemenang. Demikianlah rangkaian acara Bulan Bahasa tahun ini. Atas nama sekolah mengucapkan terima kasih atas dukungan Ibu/Bapak pada kegiatan Bulan Bahasa 2022 di lingkup sekolah kita. Apresiasi disampaikan kepada para panitia (terutama panitia OSIS dan PPS yang luar biasa hebat) , para wali kelas yang sudah memotivasi dan mendampingi siswa binaannya, dewan juri yang sudah melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, para guru dan tenaga kependidikan yang telah mendukung kegiatan, serta seluruh siswa yang sudah menyukseskan acara ini. Hanya Allah yang akan membalas semua budi baik Ibu/Bapak dan siswa.

Setelah sekian lama tidak pernah digelar, Bulan Bahasa tahun ini berlangsung meriah dan terselenggara dengan lancar. Semoga semakin terbuka beragam kegiatan sebagai wadah untuk mengeksplorasi minat dan bakat siswa kita. Mohon maaf bila ada hal yang kurang berkenan. Semoga bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Mari berperan serta memajukan sekolah tercinta.

(Cikarang Utara, 31 Oktober 2022)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren temanku rafi juara 1 story telling bahasa inggris

31 Oct
Balas

keren mih! sukses selalu buat mamih dan SMANDA!!!

31 Oct
Balas

Selamat untuk para pemenang dan seluruh yang berpatisipasi SMANDACITRA hebat!

31 Oct
Balas

Keren dan sangat menginspirasi sekali

31 Oct
Balas

Keren mamihh

31 Oct
Balas

Congratsss buat para pemenang!!!

31 Oct
Balas

Kerenn bet dh mamiii!! Mangatss lov lov

31 Oct
Balas

Keren mamii

31 Oct
Balas

semangat mamii

31 Oct
Balas

Keren mii! artikel nya sngat menginspirasi dan congrast buat para pemenang!

31 Oct
Balas

Keren mii! artikel nya sngat menginspirasi dan congrast buat para pemenang, bismillah MIPA 2 menang taun depan

31 Oct
Balas

Keren banget mamihh

31 Oct
Balas

Sukses selalu mami

31 Oct
Balas

Kerenn mamii sangat menginspirasi banyak orang, semangat terus mami!!!

31 Oct
Balas

kerenn banget

31 Oct
Balas

Keren mamih, semangat terus

31 Oct
Balas

Always keren mamii!!! Congrats buat para pemenang

31 Oct
Balas

keren mamii, selalu menginspirasi banyak orangg

31 Oct
Balas

Keren mami, selamat untuk yang menang!

31 Oct
Balas

Keren mami, selamat untuk yang menang!

31 Oct
Balas

Kerenn mamii

01 Nov
Balas

mami selalu keren!

31 Oct
Balas

Mami keren, selalu memberikan hal yang positif, memiliki ide yang sangat menarik dan menginspirasi. Semangat terus mami!!!

31 Oct
Balas

Mantap , congratulations untuk semua pemenang semoga selalu jadi inspirasi kita semua !! Aamiin aamiin ya rabbal Alamin

31 Oct
Balas

selalu keren dan menginspirasi

01 Nov
Balas

Kerennn mihh

01 Nov
Balas

Kerenn mamihh

31 Oct
Balas

keren mamii semangat untuk kedepan nyaa!!

31 Oct
Balas

keren mami, selamat untuk para pemenang !

01 Nov
Balas

Mantap mamii

01 Nov
Balas

keren mamii, sangat menginspirasi

31 Oct
Balas

Kerenn mamiii!!

01 Nov
Balas

keren mami, mami selalu menginspirasi kita semua dan selamat kepada para pemenang!

31 Oct
Balas

Keren mami

01 Nov
Balas

Kerenn mamiii!!

01 Nov
Balas

keren mamii

01 Nov
Balas

Keren bgt miii!!! Selamat jg untuk para pemenang!!!

31 Oct
Balas

Keren mamii sangat menginspirasi banyak orang

31 Oct
Balas

Kerenn mamii sangat menginspirasi semangat terus mamii!!!

31 Oct
Balas

selalu menginspirasi banyak orang, selamat untuk para pemenang, tetap semangat mami!!

31 Oct
Balas

Keren mihh!! karena bisa menginspirasi banyak orangg

31 Oct
Balas



search

New Post