lilis supartini

Nama: lilis supartini Pekerjaan: guru SD ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Cecewok... What???

Hari ini aku masuk di kelas 1. Deswita dan Susani menyusulku saat aku tengah menikmati secangkir teh manis dan cireng Mang Ohan langgananku. " bu, kata bu Nur sekarang pelajaran ibu." Astaghfirulloh... Ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 9.00 memang saatnya jam pelajaranku. Sambil menggandeng kedua anak didikku, kita menuju kelas.

Asalamualaikum....! Sapaku pada anak- anak kelas 1 yang masih sibuk dengan urusan masing- masing. "Sudah siap belajar PAI dengan ibu? " siap bu". Serentak semua menjawab tanyaku.

Alhamdulillah... Hari ini kita akan membahas tentang bersuci dan tatacaranya. Tapi seperti biasanya kita akan mengulang pelajaran minggu lalu, yang bisa jawab acungkan tanganna, semua siap? Siap, bu.

Huruf hijaiyah ada berapa? Semua tunjuk tangan. Lalu dipojok sana ada yang masih sibuk dengan buku dan pensilnya. Aku tunjuk teman sebelahnya, Kusnadi, mau menjawab? Spontan anak yang masih sibuk tadi kaget dan langsung memperhatikan temannya yang hendak menjawab. Ada 29, bu. Seratus jawabanmu benar.

Lalu aku tulis di papan tulis huruf kaf. Siapa yang bisa jawab, ini huruf apa? Semua tunjuk tangan. Kaf, bu guru semua serempak menjawab. aku bacakan Ayat pertama dan kedua surat alfatihah. surat apakah yang barusan potongan ayatnya ibu bacakan, "al-fatihaah" riuh rendah suara mereka. Dan kini giliran aku mengajukan lagi pertanyaan kalau membersihkan diri setelah buang air besar atau kecil apa namanya? Semuanya terdiam....

Baik anak-anakku, hari ini kita akan belajar tentang bersuci dan tatacaranya.

Setelah buang air kecil dan air besar kita harus membersihkannya. Cara membersihkannya disebut istinja. Cara membersihkan setelah buang air besar dan buang air kecil disebut? Istinja, aku terus mengulangnya. Ternyata mereka sulit untuk menangkapnya. Kemudian aku bantu mereka dengan menggunakan bahasa ibu, yaitu bahasa sunda. Cecewok artinya istinja. Barulah mereka faham.

Cecewok adalah istinja. Istinja adalah cecewok. Cecewok artinya membersihkan diri setelah buang air kecil atau buang air besar. Cecewok saatos ngompol atau papang sareng saatos ee atau modol.

Lalu apa tempat keluar air kencing? Qubul tempat keluar air kencing dan dubur tempat buang air besar. Qubul tempat kaluar pipis upami dubur tempat kaluar e'e'.

Evaluasi akhir. Membersihkan diri setelah buang air besar atau kecil adalah? Semua berteriak Cecewok " what cecewok? Hadeuh...muridku- muridku...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

He..he....anak-anak yang lucu...

24 Aug
Balas

Iya,bu...

25 Aug
Balas



search

New Post