lilis suriyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
LK 3.1 Menyusun Best Practices

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

MTsN 3 Bener Meriah

Lingkup Pendidikan

MTs

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Menulis dan Mempresentasikan Procedure Text (Recipe).

Penulis

Lilis Suriyani

Tanggal

7 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

1. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah ini:

· Guru Belum Menerapkan Pembelajaran Inovatif.

· Pembelajaran belum berpusat pada siswa.

· Pembelajaran belum menggunakan Media yang menarik.

· Pembelajaran belum memanfaatkan TPACK.

· Pembelajaran Belum berorientasi pada pembelajaran HOTS

2. Mengapa Praktik ini penting untuk di bagikan:

· Untuk menunjukkan sisi positif dari praktik ini sehingga bisa menjadi sumber inspirasi untuk guru-guru lain dalam menerapkan pembelajaan inovatif yang lebih berpusat pada siswa.

3. Apa yang menjadi Peran dan Tanggung Jawab anda dalam Praktik ini:

· Peran saya dalam praktik ini adalah menjadi pasilitator yang membimbing Peserta didik dalam pembelajaran baik itu saat berdiskusi maupun saat mereka presentasi. Membantu mereka saat menemui kesulitan dalam mencari solusi pembelajaran.

· Tanggung Jawab saya dalam praktik ini adalah Mengarahkan siswa pada masalah, memberikan alternatif solusi dan menyusun LKPD supaya peserta didik paham dalam menentukan solusi dalam membuat proyek dengan tepat nantinya. Sehingga pada hal ini saya sebagai guru harus memilih model Pembelajaran inovatif yang tepat. Kemudian Pembelajaran yang di berikan juga harus menarik dengan memanfaatkan TPACK yaitu baik menyuguhkan video pembelajaran dan penjelasan pada media PPT tidak polos seperti biasa hanya penejlasan guru dan pemanfaatan papan tulis.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

1. Apa Saja Yang Menjadi Tantangan untuk mencapai Tujuan Tersebut:

· Kondisi sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai. Contoh seperti Saluran listrik di setiap kelas yang belum ada.

· Menumbuhkan keaktifan dan rasa keinggintahuan seluruh siswa dan juga memunculkan rasa percaya diri mereka sehingga hasil belajarnya bisa meningkat.

· Mencari rekan yang bisa membantu perekaman video.

2. Siapa Saja yang terlibat dalam praktik ini:

· Saya Sebagai guru yang menyelengarakan praktik ini.

· Siswa sebagai subjek kegiatan pembelajaran

· Juru kamera yang merekam video Pembelajaran.

· Guru Pamong yang menjadi observer.

· Waka Sarana dan Prasarana serta waka kurikulum yang membantu terlaksananya praktik ini.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

1. Langkah-Langkah yang di lakukan untuk menghadapi tantangan:

· Menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung praktik pembelajaran seperti menyiapkan cable untuk menyambungkan saluran listrik ke kelas dan lain-lain.

· Memberikan motivasi kepada siswa dan menarik minat siswa dalam belajar dengan menyiapkan ice breaking supaya siswa makin tertarik mengikuti pelajaran.

· Berkomunikasi kepada seluruh siswa secara bergantian agar mereka semua aktif mengikuti pelajaran serta paham dengan materi dan hasil belajarpun bisa meningkat.

· Meminta pertolongan dari rekan yang paham dalam perekaman video.

2. Strategi yang di gunakan dalam praktik ini yaitu:

· Saya menggunakan model Pembelajaran Project Based Learning yang pada prosesnya lebih berpusat pada siswa. Sehingga siswa yang lebih aktif baik dalam dalam berfikir maupun bertindak.

3. Adapun Prosesnya:

· Guru menentukan pertanyaan mendasar yang mengarahkan siswa pada masalah.

· Siswa menyusun perencanaan proyek di pandu oleh guru.Di sini siswa di bagi dalam kelompok untuk membuat sebuah procedure text berupa resep masakan..

· Siswa menyusun jadwal penyelesaian Proyek.

· Guru memonitor perkembangan proyek siswa. Menanyakan apa kesulitan yang mereka hadapi dan sudah seberapa jauh proses pembuatan proyeknya.

· Siswa Mempresentasikan proyeknya di depan kelas (Menguji hasil)

· Guru dan siswa mengevaluasi hasil pembelajaran.

4. Sumber daya dan Materi yang di perlukan dalam praktik ini:

· Menyiapkan Kelas

· Menyiapakan Sarana dan prasarana seperti Laptop, sound system, kabel untuk sambungan listrik.

· Media ajar seperti video pembelajaan dan PPT.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

1. Dampak Dari aksi Ini:

· Siswa menjadi lebih aktif.lebih banyak mengeluarkan pendapat dalam diskusi maupun tanya jawab dengan guru dalam membahas materi Procedure Teks (Recipe).

· Siswa jadi berani tampil di depan kelas. Menggunakan bahasa inggris sederhana yang mereka bisa. Hal ini bisa dilihat dari hasil presentasi mereka.

2. Apakah Hasilnya Efektif:

· Hasilnya sangat efektif karena guru bisa langsung melihat hasil dari kerja siswa, keaktifan meraka dan juga kelas menjadi tidak monoton.

3. Respon Orang lain:

· Pada saat video pembelajaran di upload si story Guru banyak teman-teman sejawat yang melihat mereka berpendapat kalau prosesnya seperti dalam praktik tampak seru dan siswa jadi lebih kreatif.

4. Faktor yang menjadi keberhasilan dari praktik ini:

· Adanya simulasi sebelum praktik ini. Sehingga siswa siap dalam mengikuti praktik ini.

5. Faktor ketidak berhasilan:

· Alhamdulillah sampai akhir praktik ini tidak ada kendala berat semua bisa di atasi.

6. Pembelajaran yang di dapat dari keseluruhan proses ini adalah:

· Guru semakin terlatih untuk memilih model pembelajaran yang tepat. Yaitu pembelajaran inovatif yang lebih berpusat pada siswa.

· Guru bisa melihat hasil pembelajaran menjadi lebih baik karena siswa lebih paham matery di sebabkan mereka sendiri yang terlibat dalam pembuatannya. Seperti dalam praktik ini yaitu siswa mampu menulis teks Procedure berupa resep masakan dan mampu mempresentasikannya dengan baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post