Lina Lihanawati

Guru di SMPN 1 Palimanan Cirebon, suka akan keindahan, membaca dan menulis....

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurus Jitu Kembangkan Potensi Anak

Setiap orang tua pasti mengharapkan kesuksesan dan kecerdasan pada anaknya. Mereka merancang masa depan anaknya bahkan ketika usia anaknya masih kecil.

Mengenali potensi dan bakat anak adalah salah satu kewajiban orang tua. Oleh karena itu kenalilah potensi anak dan ketertarikan mereka akan sesuatu.

Setiap anak memiliki potensi yang berbeda- beda. Potensi yang besar pada setiap anak harus dilatih dan dikembabgkan supaya kemampuan anak juga meningkat.

Anak yang dididik dengan cara yang tepat, tentu hasilnya juga bagus. Nah, bagaimana cara melatih dan mengembangkan potensi anak? Berikut tipsnya:

Pertama, buatlah anak merasa dicintai, dikasihi dan disayangi. Anak akan merasa nyaman dan terlindungi jika orangtua selalu menyayangi dan melindunginya.

Kedua, pahami dan hargai setiap anak sebagai individu yang unik, karena perilaku anak memang khas. Setiap anak memiliki karakter sendiri- sendiri. Oleh sebab itu orangtua, sepatutnya memahami dan sadar terhadap keunikan tersebut.

Ketiga, bangkitkan minat dan motivasi belajarnya. Orangtua harus pandai membangkitkan motivasi anak dan minatnya pada kegiatan belajarnya. Dengan termotivasi maka anak akan menyadari bahwa ia bisa mengembangkan kemampuannya.

Keempat, beri kesempatan untuk memilih dan membuat keputusan sendiri dalam melakukan setiap kegiatan belajarnya. Orangtua bisa membantu bagaimana pulihannya yang baik sehingga anak tidak terjebak pada hal- hal yang negatif.

Kelima, doronglah anak mencari informasi di luar rumah. Doronglah anak supaya kreatif untuk mencari kebutuhan informasi yang menunjang potensinya.

Keenam, tunjukan penghargaaan dan penghormatan kepada usaha anak. Berilah penghormatan kepada setiap yang dikerjakan anak sehingga anak akan merasatersanjung dan dihargai.

Itulah beberapa tips yang bisa orangtua gunakan untuk mengembangkan potensi anak. Jangan matikan harapan dan cita-citanya.

Hargai setiap pilihan dan cita- citanya karena anak adalah amanah yang wajib kita jaga. Syukuri anak sebagai sebagai anugerah yang kelak akan meneruskan cita- cita kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post