Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran
Lokasi
SMA Negeri 6 Semarang
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Atas
Tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Pancasila materi Pengenalan Norma Dalam Kehidupan Sehari-hari pada peserta didik kelas X melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu pendekatan TPACK kombinasi media pembelajaran Genial.ly di SMA Negeri 6 Semarang
Penulis
Linda Marta Pratama, S.Pd
Tanggal 13 Desember 2022 -10 Januari 2023
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran adalah:
1. Rata-rata motivasi peserta didik yang rendah
2. Peserta didik belum memahami konsep dasar dari materi pelajaran yang dipelajari
3. Pembelajaran yang belum menyesuaikan karakter peserta didik seperti gaya belajar, minat, dan bakat
4. Peserta didik kurang fokus saat pembelajaran
5. Pembelajaran berpusat pada guru
6. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang membuat peserta didik aktif
Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah :
1. Guru yang mendesain kegiatan belajar inovatif
2. Guru yang mendesain kegiatan belajar kreatif
3. Guru yang menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan tepat
4. Guru yang menggunakan media pembelajaran dengan tepat
5. Guru yang menggunakan pendekatan TPACK dengan tepat
Hal-hal tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Pancasila materi Pengenalan Norma Dalam Kehidupan Sehari-hari dan Hubungan Erat Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Semarang
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, Berdasarkan hasil kajian literatur dan kajian wawancara. Penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu motivasi belajar dan minat baca/ literasi digital rendah antara lain:
1. Pembelajaran masih berpusat pada guru
2. Guru belum menggunakan model pembelajaran dengan maksimal
3. Guru belum memanfaatkan media pembelajaran dengan maksimal
4. Guru belum menggunakan pendekatan TPACK dengan maksimal
1. Kemampuan peserta didik dalam memahami dan menulis materi pelajaran masih kurang
2. Orang tua peserta didik kurang membimbing putra putrinya belajar saat di rumah
Berdasarkan penyebab dari permasalahan di atas, Tantangan yang dihadapi guru antara lain:
1. Guru dapat menggunakan media pembelajaran pendekatan TPACK dengan tepat
2. Guru dapat memanfaatkan media pembelajaran dengan tepat
3. Guru dapat menggunakan model pembelajaran dengan tepat
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
1. Penggunakan pendekatan TPACK dengan tepat. TPACK merupakan pembelajaran yang menggunakan penerapan gabungan sistem pendidikan dan mengedepankan teknologi dalam pembelajaran.
Peserta didik menyimak dengan seksama penjelasan guru melalui studi kasus dengan tema “Tetangga Mengujiku”
2. Penggunaan media pembelajaran PPT saat mengajar
3. Penggunakan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan media Genial.ly sehingga peserta didik lebih aktif saat belajar di kelas. Guru mampu menerapkan sintaks-sintaks dari model pembelajaran ini.
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari PPL Aksi 1 dan 2 dengan langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu hasil yang dirasakan baik atau positif. Hal ini dapat dilihat dari:
1. Penggunakan pendekatan TPACK sangat meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan minat baca/literasi digital peserta didik
2. Penggunaan media pembelajaran memudahkan peserta didik dalam memahami kegiatan belajar yang sedang dilakukan
3. Pemilihan model pembelajaran PBL dan PjBL, membuat peserta didik lebih aktif dan lebih termotivasi dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan literasi digital.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh kompetensi guru yang mengelola kegiatan belajar terutama dalam pemilihan media pembelajaran dan model pembelajaran yang kemudian dikembangkan dalam Modul Ajar sehingga motivasi belajar Pendidikan Pancasila materi Pengenalan Norma Dalam Kehidupan Sehari-hari dan Hubungan Erat Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Semarang meningkat.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar