Lisa Aprilia

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru MTsN 4 Bantul Ajak Siswa Belajar Informatika dengan Game Kuis Seru

Guru MTsN 4 Bantul Ajak Siswa Belajar Informatika dengan Game Kuis Seru

Belajar Seru, Guru MTsN 4 Bantul Pakai Game Kuis untuk Informatika

Bantul (MTsN 4 Bantul) — Metode belajar perlu ditingkatkan menjadi kegiatan yang menarik dan membuat siswa senang belajar. Salah satunya adalah Lisa Aprilia, salah satu guru Informatika yang menggunakan game kuis untuk mendorong siswa belajar istilah-istilah komputasi yang seringnya menggunakan bahasa Inggris.

Pada hari Rabu (22/11), Lisa mengajak siswa kelas 7G menggunakan Kahoot! sebagai game kuis yang harus dikerjakan siswa berlokasi di laboraturim komputer. Pada game ini, siswa harus mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya dengan cara menjawab pertanyaan dengan benar yang sebanyak-banyaknya juga serta secepat mungkin. Agar bisa memenangkan game ini, siswa seharusnya menambah pengetahuan sebanyak mungkin melalui materi yang sudah diberikan Lisa sejak minggu lalu, mengenali gambar-gambar aplikasi, dan menghafalkan istilah komputasi.

Jika diukur dari efektivitasnya, Lisa mengaku bahwa banyak siswa yang ketagihan menggunakan game ini. “Anak-anak jadi senang belajar Informatika bukan karena pakai komputer, tapi karena di mata pelajaran ini, mereka saya ijinkan menggunakan peranti gawai dan komputer untuk bermain kuis. Salah satu aplikasi yang saya gunakan adalah Kahoot yang selalu mereka sukai karena nada deringnya seru, jedug-jedug gitu ya, terus mereka lomba mengumpulkan skor terbanyak. Menurut mereka seru, ya. Mereka jadi lebih aktif belajar mandiri. Kekurangannya ya tentu ada anak-anak yang belum bisa materinya jadi berada di peringkat game terbawah dan itu awalnya kan tidak saya pantau. Nah dengan game ini, saya sekalian bisa melakukan analisis pra dan post diagnostik wawasan mereka,” jelas Lisa. (liz)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post