Lisata

Saya Lisata. Lebih sering dipanggil Mr. Lee atau ustadz Li. Alumni kelas menulis Solo pada 2017. Ya, lumayan lama. Sayangnya, selama ini saya off. Kok bisa. heh...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENGURAI VISI VIA SUPERVISI
Tindak lanjut bakda supervisi

MENGURAI VISI VIA SUPERVISI

Supervisi itu perlu. Supervisi bukan bersifat "menjadi gurunya" guru. Supervisi semestinya menjadi kesempatan yang selalu ditunggu-tunggu. Jika supervisi sudah mendarah daging dan ditunggu-tunggu, otomatis aka terasa seru.

Visi sebuah lembaga pendidikan merupakan hal yang mutlak untuk dituju. Segenap energi dan upaya akan dikerahkan oleh seluruh stakeholder lembaga tersebut tanpa ragu. Namun, supervisi yang elok tidak hanya berhenti sampai di situ. Mesti ada tindak lanjut agar jelas dan terbuka, tidak ada ranah abu-abu.

Bakda supervisi mesti ada tindak lanjut yang jitu. Tanpa tindak lanjut, maka hasil supervisi tidak akan bermutu. Diantara guna tindak lanjut dari supervisi ialah untuk menyampaikan apresiasi dan evaluasi atas penampilan seorang guru. Sang supervisor dengan guru yang disupervisi, duduk berdua dalam ruang dan waktu tertentu. Tidak boleh seorang pun mengganggu.

Jika ada hal-hal positif yang dlakukan guru, sampaikan apresias itu. Hal itu perlu bagi seorang guru. Apresiasi itu minimal sebagai batu pijakan motivasi untuk menjadi lebih bermutu. Demikian juga jika ada hal yang dianggap kurang baik, tentu dibahasakan dengan santun agar tidak membuat malu.

Saran-saran yang membangun dan terbaik, mesti disampaikan dengan bijak. Saran yang dimaksud tentu saja bagan dari upaya perbaikan diri dan lembaga, sebagai bukti bahwa kita sepakat bersama-sama untuk bergerak. Visi lembaga diurai bersama, dipahamai bersama, dituju bersama, dengan melibatkan orang yang banyak. Tentu saja, satu paket guru, orang tua, dan anak.

...

#Tagur -31

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Mas Ustadz. Sukses selalu

31 Jan
Balas

Terima kasih atas apresiasinya...

31 Jan

Mantaap. Setuju, Pak. Supervisi bukan menyalahkan guru tapi belajar bersama agar bisa melayani anak dengan maksimal. Sukses selalu, Pak

01 Feb
Balas

Luar biasa Gus

31 Jan
Balas

Waduh...masih tahap pemula, Kang Mas. Hehe

31 Jan



search

New Post