Lisda Fauziah Harahap

Ibu dengan 4 orang anak dan 3 orang menantu. Ompung bercucu 2 orang. Berbahagia menjadi guru....

Selengkapnya
Navigasi Web

Masih Malu dan Terkejut

Sekitar 100 orang guru dari berbagai kota di Indonesia berkumpul di Jakarta untuk belajar menjadi editor buku. Selain dari Jabotabek dan Jabar, ada yang datang dari Sumatra dan Sulawesi. Kegiatan ini diadakan di SMP Al Ikhlas Jakarta, 4-5 November 2017.

Penyelenggara acara ini adalah MediaGuru, suatu komunitas yang telah membina banyak guru di bidang literasi. Kegiatannya mulai dari pelatihan menulis buku bagi guru di berbagai kota, dan membantu sampai bukunya terbit.

Nara sumber utama adalah Pak Eko Prasetyo. Beliau membahas mulai dari siapakah editor itu, mengapa editor diperlukan, syarat menjadi editor, kode etik editor sampai sikap dan cara kerjanya. Yang menarik dan sangat mengesankan adalah praktek yang harus dilakukan oleh peserta. Kami dilatih melihat kesalahan-kesalahan ejaan, pemilhan kata baku, logika bahasa. Mengedit teks berita dari internet, teks karya teman dan teks karya sendiri.

Guru-guru yang hadir umumnya adalah para guru yang sudah berhasil menulis buku. Karena itu sebagian dari kesibukan yang terjadi adalah saling membeli buku karya sesama peserta pelatihan. Tidak lupa meminta tanda-tangan dan berfoto bersama penulis.

Keceriaan dan keseriusan berlangsung silih berganti. Pak Eko kerap memberi instruksi yang menyemangati kami agar melakukan tugas, sambil melempar humor ringan menyegarkan.

Selain itu di meja panitia juga terhidang berbagai penganan khas daerah, oleh-oleh dari peserta yang berasal dari luar pulau Jawa. Hal ini menambah keakraban dan membuat suasana menjadi seperti berkumpulnya sebuah keluarga besar.

Beberapa hambatan yang terjadi adalah karena tidak adanya jaringan wifi dan terbatasnya sumber aliran listrik. Banyak laptop sekarat karenanya. Hal ini hendaknya diperhatikan jika mengadakan kegiatan serupa.

Demikianlah, dua hari terasa singkat. Masih malu dan terkejut menemukan berbagai kesalahan dalam tulisan sendiri, tapi kami sudah belajar cara menyuntingnya. Belum lagi mengenal baik semuanya, kami harus kembali pulang ke tempat masing-masing. Semoga bisa segera beli kamus, dan menerapkan ilmu yang diperoleh. Terima kasih MediaGuru. Terima kasih Kelas Editor Jakarta.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

luar biasa. semangat yang membara

06 Nov
Balas

Terima kasih Pak Murman. Ih, mana koreksinya?

06 Nov

Keren ibu reportasenya. Kena dan mengalir

06 Nov
Balas

Terima kasih. Kan belajar dari Pak Indra. Hehe. Edit dong.

06 Nov



search

New Post