Loli Fitriyeni, S.Pd.

Bagi saya menulis adalah bagian dari ibadah. Maka dari itu harapan saya menulis adalah dapat memberikan yang terbaik bagi pembaca....

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Mengatasi  Emosi

Cara Mengatasi Emosi

Sering lihat orang marah-marah? Atau kita sendiri juga mengalami hal yang sama suka marah, bahkan lebih parahnya lagi disaat kita sedang dilanda marah maka kata-kata yang keluar dari mulut pun tidak enak didengar. Biasanya berupa cacian, sumpah serapah dan lebih buruknya kata perceraian sering diucapkan ketika sedang marah. Ketahuilah marah itu senjata setan untuk membinasakan manusia. Orang yang suka emosi itu ada hubungannya dengan kondisi jiwa seseorang dan suasana hati seseorang yang dinyatakan dalam bentuk perilaku. Jika suasana hati seseorang sedang buruk maka mudah marah, entah karena masalah ekonomi, atau juga masalah rumah tangga jadi pemicu nya.

Menyadari hal ini Islam sangat menekankan kepada ummat manusia untuk berhati-hati ketika emosi. Banyak wasiat yang diberikan Rasulullah SAW agar manusia tidak terpancing emosi diantaranya sabda Rasulullah: " Jangan marah, bagimu surga". (HR.Thabrani). Cara mengatasi marah adalah hadapilah dengan cara yang lebih baik yaitu sabar dan memberi maaf ketika dijahati. Allah berfirman: " Dan tidaklah sama antara kebaikan dan kejahatan hadapilah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik (sehingga) orang yang tadinya bermusuhan denganmu tiba-tiba menjadi kawan akrab. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar. Dan jika setan mengganggu, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui".(QS. Fushilat 34-36). Menurut Ibnu Abbas, Rasulullah SAW membaca surah Fushilat ayat ke 34 dan menafsirkannya dengan ungkapan, "Bersabar ketika marah dan memberi maaf ketika dijahati jika itu dilakukan Allah SWT akan melindungi mereka dan musuh akan takluk pada mereka.

Abu Dzar Al-Ghifari melaporkan bahwa Rasulullah bersabda, "Apabila ada diantara kalian yang marah dalam keadaan berdiri, maka duduklah. Apabila kemarahan tersebut belum juga reda berbaringlah".(HR. Ahmad bin Hambal). Semoga kita terhindar dari sifat marah, karena marah merupakan salah satu perilaku yang tidak baik, dan itu adalah sifatnya setan.

Palangka Raya, Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subahanallah....

15 Jun
Balas

Terima kasih pak

15 Jun

Terima kasih pak

15 Jun

Subahanallah....

15 Jun
Balas

Subahanallah....

15 Jun
Balas



search

New Post