Loli Fitriyeni, S.Pd.

Bagi saya menulis adalah bagian dari ibadah. Maka dari itu harapan saya menulis adalah dapat memberikan yang terbaik bagi pembaca....

Selengkapnya
Navigasi Web
Sombong

Sombong

Salah satu penyakit hati yang di benci oleh Allah SWT adalah sifat sombong dan takabur. Karena sifat sombong dan takabur inilah yang membuat hidup seorang hamba jauh dari Allah. Allah SWT menciptakan manusia dengan harapan agar hambanya mau mengabdikan dirinya kepada Allah SWT, bukan dengan menyombongkan diri kepada Allah SWT. Seperti dalam firman Allah SWT yang artinya : Dan tidak kuciptakan zin dan manusia terkecuali beribadah kepada Allah.

Akan tetapi banyak manusia tidak menyadari harapan Allah SWT tersebut, Allah ciptakan dia untuk beribadah kepada Allah, tapi apa yang terjadi, dia malah menyombongkan diri kepada Allah. Adapun ciri dari orang yang sombong kepada Allah salah satunya tidak mau mensyukuri nikmat umur panjang dan nikmat hidup, tapi tidak jarang mereka yang umurnya panjang amal ibadahnya tidak bertambah kepada Allah SWT. Dan tentunya keimanan dan ketaqwaan seseorang tidak akan bertambah kepada Allah malah makin berkurang, ini tandanya tidak bersyukur kepada Allah. Dan orang seperti ini bisa dikatakan orang yang sombong. Tidak pandai menggunakan nikmat hidup juga merupakan orang yang sombong dia berfikir seolah-olah dia hidup untuk selamanya dan tidak merasakan sakit. Allah beri nikmat harta dan kekuasaan, tapi dia tidak pandai menggunakan harta dan kekuasaannya untuk menolong agama Allah maka dia termasuk orang yang sombong. Allah berfirman dalam Al-Quran, surat Al-Isra ayat 37: Hai manusia janganlah engkau berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan.

Apa yang kita sombong kan, sudah banyak contoh yang diperlihatkan Allah kepada kita, seperti Firaun. Orang yang berkuasa luas wilayah kekuasaannya dan sebagai raja pula. Tetapi karena kesombongannya kepada Allah dan mengakui dirinya Tuhan, sehingga Firaun Allah binasakan. Rasulullah bersabda: Laa yadkhululnal Zannah, tidak akan masuk surga kata Rasulullah orang hatinya sombong.

Palangka Raya 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mudah-mudahan saya tidak termasuk yang sombong ya bu, semangat salam literasi

12 Jun
Balas

InsyaAllah Bu,semoga kita semua tidak termasuk. Salam literasi

12 Jun

Keren

12 Jun
Balas

Terima kasih

12 Jun

Semoga kita dijauhkan dari penyakit sombong. Makasih bu pencerahannya

12 Jun
Balas

Aamiin..

12 Jun

Aamiin..

12 Jun

Kesombongan bisa menghancurkan segalanya.

14 Jun
Balas

Ya, benar sekali Bu..

15 Jun



search

New Post