LUCIANA INTAN PRIHATINI

Sebagai seorang guru seni tari, apapun hal yang saya kerjakan tidak terlepas dengan kepuasan berekspresi dalam berkarya. Salam Budaya....

Selengkapnya
Navigasi Web
Studi Lanjut

Studi Lanjut

Studi lanjut bukanlah hal yang asing lagi bagi para pendidik. Dulu para pendidik merasa cukup puas menjadi seorang sarjana atau sarjana muda saja, bahkan ada yang cukup berbangga sebagai alumni SPG. Kini, banyak sekali guru muda berlomba-lomba untuk melanjutkan studi mereka, dari Strata satu ke Strata dua. Tak hanya guru muda saja, semangat menuntut ilmu yang lebih tinggi juga dimiliki para pendidik senior. Tak cukup sekedar menjadi magister, pendidikan doktoral pun ditempuh.

Keputusan untuk menempuh studi lanjut tidak semata-mata untuk meningkatkan kompetensi diri. Pernah suatu ketika saat matrikulasi kuliah seorang dosen menanyakan alasan setiap mahasiswa memutuskan melanjutkan studi. Aneka alasan pun terungkap, diantaranya beban moril telah menerima sertifikasi, ingin meningkatkan kompetensi diri, mencari suasana baru, merasa kurang dihargai di tempat kerja, mencari nilai PAK bahkan ada yang menjawab iseng saja.

Bagi ASN yang ingin melanjutkan studi dapat mengajukan ijin belajar (dengan biaya mandiri) atau mengikuti seleksi tugas belajar maupun mengajukan beasiswa kepada pihak sponsor. Namun yang terpenting bukanlah darimana sumber dana pendidikannya, akan tetapi komitmen kita untuk segera menyelesaikan studi tepat waktu.

Menjadi mahasiswa pascasarjana sambil melaksanakan kewajiban mengajar di sekolah menjadi tantangan tersendiri tentunya. Kita harus pandai memanajemen waktu untuk mengerjakan tugas kuliah dan menyelesaikan tugas-tugas kedinasan. Berat terasa, apalagi disaat yang bersamaan guru harus mengkoreksi PAS/ UKK, disisi lain harus melakukan presentasi dengan dosen killer atau menempuh ujian di kampus. Semua jerih payah tersebut akhirnya terbayar dengan senyuman manis tatkala ijazah sudah ditangan.

Mari kita belajar sepanjang hayat...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab

14 Aug
Balas

Belum semantab Pak Leck tentunya hehehe

14 Aug

Belum semantab Pak Leck tentunya hehehe

14 Aug



search

New Post