Luciana Syahman

Seorang guru yang sedang dan akan selalu belajar. Salah satunya, menulis. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan 90 hari menulis di Gurusiana hari ke-25: Komparasi Kurikulum di Australia

Sebuah soft file surat dinas bertanggal 17 Februari 2020 yang dikeluarkan KCD wilayah VII Jawa Barat menyebar di beberapachat grup dinas yang saya ikuti. Setidaknya dua orang bahkan mengajak secara langsung untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Tapi saya menolak. Menolak tawaran Komparasi Kurikulum ke Australia? Ya, sayangnya harus saya tolak karena saya pernah mengikuti program serupa di tahun 2014. Dan salah satu persyaratannya adalah tidak diperkenankan yang pernah mengikuti program serupa.

Pada 2014 lalu, saya berkesempatan mengikuti Continues Professional Development (CPD) di Adelaide, Australia. Saya waktu itu gelombang ke-2 pergi bersama ratusan guru dan beberapa pengawas dari sejumlah SMA di Jawa Barat. Kami disebar untuk tinggal dan melakukan observasi di beberapa sekolah di Adelaide selama sekitar 3 pekan.

Bagi saya yang waktu itu belum pernah pergi keluar negeri apalagi bermukim disana, pengalaman CPD meninggalkan kesan yang luar biasa. Mulai dari penggunaan bahasa Inggris untuk berkomunikasi aktif, pemahaman budaya,memperhatikan kondisi belajar siswa disana, dan menyimak kebijakan pemerintah setempat akan pendidikan.

Namun, dampak yang paling besar yang saya rasakan adalah setelah kepulangannya. Kami diikat dalam sebuah perkumpulan alumni yang melakukan beberapa kegiatan setelah kunjungan ke Adelaide. West Java Leader's Reading Challenge (WJLRC) yang dikomandani bu Mia Damayanti adalah salah satu program yang alumni yang sukses menggerakan kegiatan literasi di Jawa Barat. Kemudian ada majalah Guneman yang dikelola alumni sekaligus kontributor.Beberapa alumni juga menuliskan pengalamannya selama di Adelaide dalam bentuk buku, baik keroyokan maupun masing-masing.

Belum lagi prestasi yang diukir alumni secara individu seperti pemenang lomba guru berprestasi tingkat nasional atau provinsi , atau INOBEL dan prestasi-prestasi lainnya. Sebagai Salah satu alumni, saya ikut berbangga.

CPD dan para alumninya menurut saya telah memberikan dampak positif pada dunia pendidikan khususnya di Jawa Barat. Dan saya meyakini Komparasi Kurikulum di Australia yang akan datang ini akan berdampak serupa. Semoga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post