Luki Burhansyah, M.A.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Apakah Karateka Muslimah Boleh Berjilbab?

Apakah Karateka Muslimah Boleh Berjilbab?

Menanggapi komentar-komentar pada postingan Janan Farisi (https://www.facebook.com/vairuz.arham) HAMPIR AKU TAK PERCAYA SEDANG BERADA DI NEGERI MAYORITAS MUSLIM

Kemarin, 23 Desember 2016 menjadi hari yg sangat ditungu-tunggu oleh seorang santriwati dari Smpit Harapan Umat Ngawi. Hari itu adalah hari kejuaraan Karate se-Jatim yang diselenggarakan di GOR Magetan. Auliya nama santriwati itu. Siang malam ia berlatih sekuat tenaga. Berangkat latihan pagi pagi sekali, lalu pulang menjelang dzuhur. Istirahat sejenak lalu pergi latihan lagi, dan baru kembali pulang jam setengah sembilan malam. Setiap hari. Dia berharap, tanggal 23 kemarin bisa menjadi sejarah yang akan mengukir namanya dalam jajaran juara Karate. Namun saat hari itu tiba, saat ia sudah siap bertanding dengan seragam karate gagahnya, seorang juri menyuruhnya melepas JILBAB nya. Ia tak dibolehkan mengikuti pertandingan dengan jilbabnya. Tersentaklah ia. Bergejolak pertandingan yang sangat hebat dalam hatinya. Bertanding mengejar mimpi atau mempertahankan JILBAB nya, izzah ke-Islaman nya... Latihan gigihnya selama ini... Impiannya... Akankah menguap begitu saja...

Peserta yang lain, yang sebelumnya berjilbab, mulai melepas JILBAB nya satu persatu... Tapi anak itu.... Perlahan, dengan air mata menggenang di pelupuk, ia melangkah meninggalkan arena pertandingan. Ia telah memenangkan pertandingannya, pertandingan mempertahankan izzatul Islam....

Aku yang merekam semua itu dengan mata kepalaku, hampir tak percaya. Sebelumnya aku hanya mendengar seperti ini dari berita. Tp kali ini, hadir dengan nyata di depan mata. Ini negeri mayoritas Muslim! Ada apa dengan JILBAB? Kawan2... Yang beramanah menjadi Pendidik... Mari tanamkan IZZAH ISLAM sedalam dalamnya dalam hati anak2 kita. Hingga esok lagi, tak ada lagi seorang muslim yang menjual IZZAH nya demi sekeping medali....

#auliyahebat #smpitharumjuara

Pasal 2 Peraturan Kumite World Karate Foundation bagian Pakaian Resmi menyebutkan : Kontestan Putri diperbolehkan mengenakan scraf penutup kepala (jilbab) berwarna hitam polos dan berlogo WKF yang menutupi rambutnya, tapi tidak boleh menutupi daerah tenggorokan (bagian depan lehernya). Menurut Muhammad Nashiruddin Al Albany kriteria jilbab yang benar hendaklah menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak, jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, bahan tidak tembus pandang, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh, tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas diri (https://id.wikipedia.org/wiki/Hijab) Bagaimana dengan muslimah Indonesia yang berhijab menutupi leher dan tenggorokan? Donald Luther Kolopita, Ketua Dewan Wasit Karate South East Asia Karate Federation mengatakan: “Nah, bagian rambut di belakang harus di atas kerah baju. Kalau di Indonesia boleh menggunakan jilbab yang menutupi tenggorokan, tetapi jilbab harus dimasukkan ke dalam baju tanding. “Akan tetapi kalau ada kejuaraan internasional yang diselenggarakan di Indonesia maka para atlet muslimah Indonesia harus mengenakan jilbab sesuai aturan WKF, sementara hal yang sama berlaku kalau atlet muslimah Indonesiai bertanding di ajang internasional,” (http://www.satuharapan.com/read-detail/read/pb-forki-terus-sosialisasikan-jilbab-standar-atlet-karate-muslimah) Pertanyaanya apakah itu pertandingan level internasional?
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post