Lukman Ismail

Lukman lahir di Wanio sidrap provinsi Sulawesi selatan. Mengajar di smpn 2 panca lautang sidrap. Hobby menulis apa saja yang penting bermanfaat. Otak encer kala...

Selengkapnya
Navigasi Web

SENI MERAWAT ORANG TUA

Mungkin ada di antara kita merasa bosan atau bahkan tidak mau merawat orang tuanya jika sudah lanjut usia lebih lebih jika sudah pikun!.faktanya sekarang ada anak yang merelakan orang tuanya dititip di panti jompo atau dititipkan di rumah keluarga nya.

Yang lebih ironis adalah adanya seorang anak berperkara di pengadilan negeri bersama orang tuanya gara gara harta warisan. Bahkan ada sampai hati menghabisi nyawa orang tuanya dengan berbagai motif tertentu . Peristiwa tersebut di ketahui melalui media pemberitaan di TV atau lewat media sosial.

Jika kita melihat ajaran agama bahwa orang yang durhaka kepada orang tuanya maka neraka tempatnya, bahkan hidupnya tidak akan ada berkahnya. Sampai sampai Allah melaknat orang yang demikian.

Sesungguhnya bagi kita yang masih hidup orang tuanya patutlah disyukuri. Ayo kita merenung sejenak! Beruntunglah kita tercipta sebagai manusia, bagaimana seandainya kita tercipta sebagai makhluk selain manusia seperti halnya binatang? Kita sebagai manusia sudah pasti tercipta lewat manusia pula.

Nah, karena kita sebagai manusia tentu memiliki drajat yang lebih tinggi dibandingkan binatang! Jadi, dengan hadirnya kita di dunia ini berkat jasa orang tua kita.

Lalu kenapa ada yang mau abaikan mereka ?.olehnya itu merawat orang tua adalah ladang pahala bagi sang anak, siapapun yang merawat orang tuanya maka ridha Allah menyertainya. Bukankah doa orang tua cepat diijabah olah Allah swt?.

Kemudian melayani orang tua sebenarnya adalah merupakan balas jasa seorang anak walaupun tidak sebanding cara kita melayani mereka. Ayo pikirkan! Pernah kah kita menyuapi orang tua, pernah kah kita mencuci kotoran orang tua , jika mereka sakit pernah kah kita tidak tidur menjaganya? Kalau ada yang diminta adakah kita secepatnya menyiapkan permintaannya?.Semua pertanyaan tersebut orang tua tidak pernah lalai dalam melayani anaknya.

Nah sekarang bagi yang masih punya orang tua hidup bersama di rumah, perlakukan mereka sebagai raja dan ratu di rumah. Perhatikan kesehatannya, perhatikan makanannya dan perhatikan tempat tidurnya. Jaga kebersihannya dan ajak mereka bercerita dan ngobrol bersama. Berkatalah kepadanya dengan penuh kesantunan serta jauhi ucapan yang melebihi suaranya.

Jika kita terbiasa melayani orang tua maka ada nikmat hidup yang Allah berikan. Pada akhirnya terdapat kepuasan bathin selalu membersamai orang tuanya. Ingat jangan sampai ada yang siang malam bekerja tapi hidupnya tetap miskin, itu mungkin ada yang durhaka kepada orang tuanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post