Luluk Maslukhah

Untuk bisa menulis buku hanya ada 3 kata kunci: menulis, menulis dan menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bertemu Alumni Nanjing Agricultural University di Webinar 1 MediaGuru Indonesia-Indosat

Bertemu Alumni Nanjing Agricultural University di Webinar 1 MediaGuru Indonesia-Indosat

Oleh: Luluk Maslukhah, S.Si., M.Pd.

(Guru SMK Negeri 3 Bondowoso)

Menjadi narasumber webinar 1 internet pendidikan MediaGuru Indonesia bekerjasama dengan Indosat pada hari Kamis, 23 April 2020 merupakan pengalaman yang sangat berharga dan tak terlupakan. Berkat bimbingan CEO MediaGuru, Bapak Mohammad Ihsan dan beberapa trainer MediaGuru Indonesia, saya dapat berbagi tentang praktik blended learning berbasis inkuiri terbimbing kepada guru-guru hebat di Indonesia. Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Selepas acara webinar, ada seorang peserta yang menghubungi saya melalui facebook. Namanya Bapak Suprapto. Beliau berminat membeli buku pertama saya yang berjudul Serpihan Kenangan dari Negeri Panda. Buku itu secara khusus mengupas tentang pengalaman saya saat belajar di Nanjing Agricultural University China. Juga tentang cara saya beradaptasi dengan budaya, bahasa dan cuaca musim panas saat itu.

Saya merasa heran mengapa beliau memesan buku itu. Padahal saya tidak menyampaikan tentang buku tersebut di acara webinar 1. Nampaknya beliau mengetahuinya dari dinding facebook saya. Singkat cerita, ternyata beliau juga alumni Shortcourse di Nanjing Agricultural University tetapi beda angkatan dengan saya. Saya berangkat di tahun 2014 dan belajar di sana di selama 2 bulan, sedang beliau berangkat pada tahun 2016 dan belajar selama 32 hari. Saya dari jurusan Kimia sedang beliau dari jurusan Biologi.

Kami berdua adalah penerima beasiswa S2 Pemprov Jawa Timur yang belajar di Universitas Negeri Malang. Shortcourse di Nanjing Agricultural University tersebut merupakan bagian integral program beasiswa S2 Pemprov Jawa Timur itu.

Yang menarik dari perkenalan ini ternyata kami berdua alumni kelas menulis MediaGuru dan sama-sama menulis kisah tentang pengalaman belajar di Nanjing Agricultural University. Kemudian kami saling bertukar buku. Buku saya berjudul Serpihan Kenangan dari Negeri Panda sedangkan buku Bapak Suprapto berjudul Belajar Set-Set Wet dari Negeri Tirai Bambu. Kedua buku itu saling melengkapi. Ada beberapa topik bahasan yang sama tapi ditulis dengan sudut pandang berbeda. Ada pula topik-topik yang tidak saya bahas ternyata ada di buku bapak Suprapto. Begitu sebaliknya.

Ngomong-ngomong, masalah nama Suprapto sangat familiar dengan saya. Pasalnya, pada nama mertua (alm) dan suami saya tersemat kata itu walau berbeda kata depan. Mertua saya bernama Bambang Suprapto, sedangkan suami saya bernama Febry Suprapto. He he he.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu...salam.

05 May
Balas

Trmksh bunda. Wa'alaikum salam warahmatullahi wa barokatuh

05 May

Bener-Baby nyesel bu saya tidak bisa masuk webinar 1 padahal pingin ikut paparan bucan dan pinter ini secara langsung, tapi terobati di YouTube hehehe

05 May
Balas

Wah bunda. Alhamdulillah. Trmksh. Alhamdulillah akhirnya bisa ngikuti jg ya

06 May

Bener-Baby nyesel bu saya tidak bisa masuk webinar 1 padahal pingin ikut paparan bucan dan pinter ini secara langsung, tapi terobati di YouTube hehehe

05 May
Balas

"Maka Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan". Ayat ini harus selalu kita ingat untuk bersyukur. Alhamdulillaah.Diantaranya beasiswa yang kita peroleh dan lain-lain. Salam Literasi. Terima Kasih Bu Luluk. Wassalamu'alaikum

05 May
Balas

Aamiin. Barokallah bpk. Iya benar sekali

05 May

Keren sekali.Bu, sayang saya gak bisa ikut Wibinar 1 yang narsumnya dari Bondowoso. Saya hanya bisa bangga punya sahabat keren banget seperti Bu Luluk, semoga Allah sellau memberikan kesuksesan ke depannya. Pingin juga baca bukunya "Serpihan Kenangan dari Negeri Panda". Hebat. Salam keren selalu.

05 May
Balas

Alhamdulillah. Trmksh atas doa n supportnya bunda.

05 May

Bisa sehati begitu ya

05 May
Balas

Lha ya itu dik

05 May

Keren ustazah, mg sukses selalu

05 May
Balas

Aamiin. Trmksh ustdzh. Barokallah

05 May



search

New Post