Luluk Maslukhah

Untuk bisa menulis buku hanya ada 3 kata kunci: menulis, menulis dan menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa Perak Putih Berkilauan

Mengapa Perak Putih Berkilauan

Oleh: Luluk Maslukhah, S.Si., M.Pd.

(Guru Kimia SMK Negeri 3 Bondowoso)

Tantangan hari ke-87

#TantanganGurusiana

Perak merupakan salah satu jenis logam yang dapat digunakan sebagai perhiasan, mata uang maupun cermin perak. Logam perak memiliki kilau logam yang sama meski dilihat dari berbagai sudut pantul. Itulah sebabnya logam perak dapat digunakan sebagai pemantul sinar tampak seperti pada cermin perak. Namun Karena harga perak cukup mahal, cermin perak jarang diproduksi. Cermin modern saat ini lebih banyak dilapisi sedikit logam aluminium sebagai upaya untuk menghemat biaya produksi.

Ketika sinar tampak mengenai logam, maka ia akan dipantulkan oleh elektron-elektron bebas yang terdapat pada logam. Berdasarkan teori lautan electron, elektron logam dapat berupa awan electron, sedangkan berdasarkan teori ikatan valensi, elektron-elektron tersebut terdelokalisasi, sedangkan berdasarkan teori pita energy, elektron-elektron tersebut berada pada pita yang tidak penuh.

Setiap logam yang halus dan bersih akan memberikan kilau (huster) tertentu. Logam perak memiliki kilau berwarna putih. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut: Logam perak memiliki konfigurasi electron [Kr] 4d10 5S1, dengan energi transisi cukup besar, EI1= 731,0 kj/mol dan EI2= 2074 kj/mol. Ini berdampak pada kecilnya kemungkinan terjadiya transisi elektron pada logam perak. Lebih lanjut, hal ini menyebabkan semua sinar tampak yang mengenainya dapat dianggap dipantulkan kembali sehingga kilau logam perak berwarna putih.

Subhanallah. Mempelajari tentang kilau logam perak semakin menunjukan kepada kita bahwa ilmu Allah sungguh luas. Begitu banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari gejala-gejala dan fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Semoga semua ini menjadikan kita senantiasa bersyukur atas nikmat sehat dan nikmat iman yang Allah berikan kepada kita. Bersyukur dengan cara senantiasa melaksanakan hukum Allah dalam segala aspek kehidupan kita. Aamiin.

Sumber:

Effendy. 2010. Logam, Aloi, Semikonduktor dan Superkonduktor. Malang: Bayumedia Publishing

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sungguh luar biasa, terimaksih semua ilmu dan sempat kenal dengan bu Luluk. Dua jempol untuk ibu guru cantik.

10 Apr
Balas

Barokallah ustadzah. Ditulis dlm rangka mengikat makna

11 Apr

8 Jempol dr sy

10 Apr
Balas

10 jempol untuk dik risa

11 Apr



search

New Post