Lusi Andriani

Lusi Andriani, S. Pd Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 (PSP 1) SDN 05 Benua Kayong Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Menulis adalah proses mencurahkan piki...

Selengkapnya
Navigasi Web
KOLABORASI KEKUATAN KURIKULUM MERDEKA (A-7)
Peserta Webinar Kurikulum Merdeka Mudah dan Menyenangkan

KOLABORASI KEKUATAN KURIKULUM MERDEKA (A-7)

Senin, 13 Februari 2022 pukul 10.00 - 12.00 WIB. Telah berlangsung "webinar kolaborasi komunitas belajar", di bulan serentak bergerak dari KOMUNITAS BELAJAR SDN 05 BENUA KAYONG dengan judul KURIKULUM MERDEKA MUDAH DAN MENYENANGKAN.

Ada cerita berkesan dalam melaksanakan kegiatan ini. Sehari sebelum pelaksanaan kami bingung, karena akun gmeet kami hanya menampung 100 orang. Sedangkan jika melihat promosi yg dilancarkan, rasanya peserta webinar akan lebih dari 100 orang. Jika mereka tidak bisa ikut bergabung, rasanya seperti PHP saja 😁, tak tega rasanya.

Akhirnya ditengah kegalauan, memberanikan diri menghubungi KASUBAG UMUM BPMP KALBAR Bapak Kurniadi. MasyaAllah, tanpa banyak tanya, beliau bersedia membantu kami. Paginya sekitar pukul 06.00 link zoom dikirim kepada kami oleh Tim Teknis BPMP. Selanjutnya, webinar berjalan dengan lancar.

Rangkaian kegiatan, dibuka oleh moderato Ibu Agustin, S.Pd. Beliau guru kelas 2 di SDN 05 Benua Kayong. Ini adalah pengalaman ketiga beliau sebagai moderator di sebuah webinar, sesuai jumlah webinar yang telah dilaksanakan oleh Kombel SDN 05 Benua Kayong.

Selanjutnya, kegiatan dibuka oleh Bapak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat Dr. Ucup Supriatna, S.Pd, M.Pd.Sebelum itu beliau juga menampilkan slide materi tentang perubahan kurikulum, beliau memaparkan dengan penjelasan yang memukau.

Ibu Saadah, S.Pd pengawas SDN 05 Benua Kayong juga menyampaikan motivasi yang berkesan, agar guru mau berubah melaksanakan kurikulum merdeka demi perbaikan proses pembelajaran.

Saya sendiri sebagai narasumber webinar. Materi adalah praktek baik yang telah kami lakukan di SDN 05 Benua Kayong sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 1. Selama 1,5 tahun menjalankan kurikulum merdeka, kami mulai menikmatinya, sehingga kami berani menyimpulkan bahwa KURIKULUM MERDEKA MUDAH DAN MENYENANGKAN.

Alhamdulillah! sesuai perkiraan kami, peserta lebih dari 250 orang. Selama acara berlangsung tidak ada gangguan teknis yang berarti, semua berjalan dengan baik. Semua ini tak terlepas dari persiapan yang dilakukan oleh admin kami Mbak Febrina Permata Sari, SE yang sibuk kesana kemari, memastikan semua sistem berjalan.

Oh... Ya! ada juga Ibu Endang Lesmana, S.Pd yang ikut mendampingi moderator agar bisa mencatat pertanyaan peserta dengan baik.

Begitu hebatnya kurikulum merdeka, menyebarkan semangat berkolaborasi. Kolabrasi antar guru dalam komunitas, maupun kolaborasi di luar komunitas seperti dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten, serta lebih luas lagi seperti kolaborasi dengan Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Kalimantan Barat, hanya dengan memanfaatkan HP Androit di tangan.

Semua pihak, berusaha untuk membantu kelancaran webinar demi suksesnya Implementasi Kurikulum Merdeka.

Terima kasih kepada BPMP Kalbar, khususnya Bapak Kurniadi dan Tim Teknis nya, Terima Kasih Bapak Kepala Dinas Pendiikan dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang, Terima kasih ibu pengawas SDN 05 Benua Kayong, dan terima kasih kepada semua guru SDN 05 Benua Kayong. Semoga kolaborasi memperkuat kinerja kita demi kemajuan pendidikan Indonesia, menciptakan pelajar Pancasila.

Ketapang, 15 Februari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat slalu bu...salam kenal

15 Feb
Balas

Terima kasih ibu. Salam sayang kembali

15 Feb
Balas



search

New Post