Lyra Praningtyas

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.2

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.2

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.2

Pemimpin dalam pengelolaan Sumber Daya

Lyra Praningtyas Tuti, S.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan VII

Fasilitator: Bp. Nurcholis M.Pd.

Pengajar Praktik: Ibu Tiwuk Ari N M.Pd.

Salam Guru Penggerak! Tergerak, Bergerak, Menggerakkan!

Modul "Pemimpin dalam pengelolaan Sumber Daya" mulai di pelajari pada 2 Mei 2023 oleh CPG angkatan 7 Program Pendidikan Guru Penggerak. Sebagai pemenuhan tugas pembuatan jurnal refleksi kali ini, CGP menggunakan model F4 yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway (Facts, Feelings, Findings, Future)

1. Peristiwa (Facts)

Pada tanggal 2 Mei 2023 CGP mempelajari Mulai dari diri sebagai alur awal MERDEKA dikerjakan melalui moda mandiri dengan mengingat kembali faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Pada sesi ini saya diwajibkan untuk memberikan respon terhadap beberapa pertanyaan untuk melihat sejauh mana pengetahuan saya sebagai peserta program tentang materi kali ini.

Pada tanggal 3 Mei 2023 kegiatan berikutnya yakni Eksplorasi konsep memberikan kesempatan pada saya dalam melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, Pedekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset, Sejarah singkat Pendekatan Asser-Based Comunnity Development, dan aset-aset dalam sebuah komunitas. Di sesi pembelajaran ini, CGP juga diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang nantinya akan diduskusikan pada forum diskusi.

Pada tanggal 4 Mei 2023 Ruang Kolaborasi modul 3.2 di forum diskusi 1 telah dihadiri oleh CGP . Bersama CGP lain dalam pengelompokkan kelompok serta didampingi Bapak Fasilitator yang sangat hebat yaitu Bapak Nurcholis M.Pd.. CGP diminta untuk dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif. Pemetaan aset di daerah oleh untuk sekolah nantinya akan dipersentasikan kepada kelompok lain pada ruang kolaborasi sesi 2 di modul 3.2.

Pada tanggal 5 mei 2023 masuk pada Ruang kolaborasi 2 untuk kegiatan presentasi tiap kelompok. Seperti biasa saya masuk dalam kelompok 3 bersama Bu Azizah, Pak Arif Efendi, dan Pak Mei Handoyo. Pada presentasi ini kelompok saya mengidentifikasi asset dan pemanfaatan SMPN 3 Ledokombo, Kabupaten Jember.

Pada tanggal 8 Mei 2023 masuk di Demonstrasi Kontekstual untuk menganalisis video praktik baik di SMPN 3 Ledokombo. Dan tugas narasi Demonstrasi kontekstual harus diunggah di LMS. Pada tanggal 10 Mei 2023 masuk di Elaborasi Pemahaman bersama instruktur Nasional. Dengan adanya elaborasi pemahaman ini semakin kuat pemahaman saya tentang pengelolaan sumber daya. Kemudian Pada tanggal 11 Mei 2023 kita harus mengerjakan koneksi antar materi dan sekaligus melakukan aksi nyata untuk diskusi bersama dengan warga sekolah tentang pemetaan asset sekolah.

2. Perasaan (Feelings)

Dengan mengikuti sesi pembelajaran kali ini, saya merasa senang karena saya kembali memperoleh pengetahuan baru terkait materi yang disajikan oleh modul ini. Saya tertarik untuk memetakan seluruh aset/sumber daya yang ada di sekitar lingkungan sekolah saya untuk nantinya pasti kan dapat dimanfaatkan. Saya juga berkeinginan besar untuk mengajak rekan sejawat di sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan PKBA (Pengembangan Komunitas Berbasis Aset) dengan menemukenali hal-hal yang positif dalam kehidupan.

3. Pembelajaran (Findings)

Setelah melakukan sesi pembelajaran Ruang Kolaborasi Sesi 1 pada modul ini, ada banyak hal positif yang saya peroleh sebagai hasil belajar saya. Modul ini mengajak saya untuk menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir dengan memusatkan perhatian pada apa yang berjalan dengan baik, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif. Jadi kita diwajibkan untuk mengubah paradigma/pola pikir kita yang cenderung menggunakan pendekatan berbasis kekurangan/masalah (Deficit Based Thinking).

Di modul ini, CGP juga belajar terkait keberadaan sekolah sebagai ekosistem yaitu sebagai bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang hidup: murid, guru, kepala sekolah, staf/tenaga kependidikan, pengawas sekolah, orangtua murid/wali, dan masyarakat sekitar sekolah) dan abiotik ( unsur yang tidak hidup: keuangan, sarana dan prasarana).

Pembelajaran di modul ini juga memberi kesempatan untuk dapat membedakan tujuh aset utama yang dimiliki oleh lingkungan sekolah meliputi modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik dan modal agama dan budaya. Dengan mengetahui aset-aset dalam komunitas, maka kita diharapkan memiliki strategi dalam pemanfaatannya sehingga pada akhirnya kita memiliki karakteristik komunitas yang sehat dan resilen.

4. Penerapan (Future)

Setelah memahami pembelajaran di modul ini harapannya CGP dapat menerapkan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset (Asset-Based Community Development/ABCD) dengan ditandai perubahan pola pikir (mindset) dan sikap positif sebagai langkah awal. Penerapan modul ini akan dapat membantu sekolah dalam membangun ekosistem yang mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan murid demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila karena perlu diingat bahwa keberhasilan sebuah proses pembelajaran sangat tergantung pada cara pandang sekolah melihat ekosistemnya.

TERIMA KASIH.

SALAM SEHAT DAN BAHAGIA.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih Bapak

19 Jun
Balas



search

New Post