MA'ARIF SETYO NUGROHO

Nama kecilnya Nu atau Enu, dilahirkan dan dibesarkan di tempat yang berbeda. Sumpiuh di kabupaten Banyumas dan Bobotsari di Kabupaten Purbalingga dari leluhur y...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ruang Terlarang

Ruang Terlarang

Dalam kurun waktu dua hari, 21 dan 22 September, di SMP berstatus negeri seluruh Indonesia ada ribuan ruang yang hanya boleh dimasuki oleh orang-orang tertentu, tidak sembarang orang.

Yang sudah boleh masukpun tak boleh sembarangan, misalnya bersuara keras, apalagi membuat gaduh, kecuali satu dua orang yang memang mendapat ijin untuk itu. Suasananya mirip seperti rumah sakit, tempat ibadah, atau tempat-tempat keramat dan dikeramatkan lainnya.

Hening dan sepi, tetapi yang terjadi di balik pintu itu sebenarnya justru riuh dan gaduh luar biasa, kegaduhan yang tak terdengar di telinga. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengetahuinya.

Ada apa gerangan hingga demikian? Adakah ritual yang begitu sakral? Atau mungkin itu adalah ruang supranatural?

Bukan! Sama sekali bukan supranatural, tapi sesuatu yang mirip dan mendekati, termasuk bunyi istilahnya (fonetiknya), yaitu dunia digital. Dunia yang jika tak disikapi dengan benar akan merusak moral.

Ya, di balik pintu yang tampak temaram dari luar, sedang berkecamuk perebutan kesempatan. Juga sedang berlangsung adu kesabaran. Di tengah kegelisahan dan keruwetan jiwa-jiwa muda nan rapuh digerogoti jaman. Jiwa yang belum sepenuhnya paham akan arti kehidupan.

Ratusan pernyataan dan pertanyaan yang harus mereka uraikan, ratusan jawaban dan pilihan yang harus mereka temukan, menjadikan mereka begitu tertekan.

Namun apa yang didapatkan belum bisa mereka rasakan, bahkan entah apa yang akan terjadi kemudian, sedikitpun tiada gambaran.

Apa yang dulu disebut ujian, kini bukanlah momok yang menakutkan. Asesmen yang mereka gaungkan sebagai solusi pemecahan, hingga dua tahun berjalan tak menunjukkan kemajuan signifikan.

Namun demikian, biarlah proses berjalan terus hingga temukan momen perubahan. Meski belum ada kepastian, mari terus tanamkan, literasi dan pendidikan tuk masa depang gemilang.

Klimbungan, 202209212352

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

22 Sep
Balas

Terima kasih, Bu Risma. Belum istirahat?

22 Sep

Mantap ulasannya tinggal jalani sampai ada perubahan berikutnya. Semoga sehat dan sukses selalu Pak Nu.

23 Sep
Balas

Betul, Bu Nanik, perubahan adalah keniscayaan, kita tinggal jalani saja. Terima kasih mampirnya, semoga sehata selalu adanya.

24 Sep



search

New Post