MA'ARIF SETYO NUGROHO

Nama kecilnya Nu atau Enu, dilahirkan dan dibesarkan di tempat yang berbeda. Sumpiuh di kabupaten Banyumas dan Bobotsari di Kabupaten Purbalingga dari leluhur y...

Selengkapnya
Navigasi Web

Selamat Tinggal DUPAK

Siang tadi tanpa sengaja saya menemukan sebuah cuitan yang sangat menarik dari akun @ASN_Ini_beda,. Akun tersebut memang selalu mengangkat issue-issue yang berkaitan dengan dunia ASN. Bukan hanya tentang kebijakannya secara formal, tetapi lebih sering mengungkap apa yang tersembunyi di balik berbagai kebijakan, termasuk hal-hal negatif yang disembunyikan oleh para atasan di berbagai tingkat maupun oleh para ASN dari golongan akar rumput.

Di situlah menariknya, cuitan kritisnya seringkali sangat sesuai dengan apa yang menjadi uneg-uneg dan pikiran banyak orang, termasuk non ASN. Bahkan kadang-kadang juga mengangkat perilaku negatif para pejabat, baik di tingkat pusat maupun di daerah. Seolah apemilik akunnya punya akses yang sangat luas sekaligus intens di berbqgai instansi.

Memang di twitterland saya mengikuti akun tersebut, sehingga setiap kali ada cuitan baru darinya saya mendapat notifikasi melalui email, hanya saja tidak setiap hari saya buka email. Satu kebetulan saja bahwa siang tadi pas yang dicuitkan UU ASN terbaru, yaitu tentang jabatan fungsional. Disertakan pula link sumber yang bisa diunduh.

Setelah berhasil mengunduhnya, dengan teknik membaca cepat saya sapu halaman demi halaman, saya cari poin terkait jabatan guru, tapi belum berhasil. Pada sapuan kedua juga, sepertinya memang belum diatur di sana, karena saya temukan klausa, "akan diatur dengan peraturan menteri".

Jadi, ya sudah, untuk sementara rasa penasaran itu saya simpan untuk entah kapan, sambil menunggu info dari sumbèr lain yang biasanya cepat merespon adanya perubahan, sambil berharap benar-benar terjadi bye bye dupak dengan adanya UU baru itu.

Mengapa saya berharap bye bye dupak?

Sejak 2017/2018, aturan tentang kenaikan pangkat dan Dupak Tahunan sepertinya (menurut saya) sudah tidak relevan lagi dengan sistem pengukuran kinerja ASN, apq lagi dengan adanya PKG 365, ada SKP, ada P2KP, ada PKB Sekalipun angka kreditnya tinggi jika ada poin-poin wajib yang tidak terlaksana maka angka kreditnya seolah mubazir. Tidak berarti apa-apa selain bahwa ASN itu memiliki angka kredit yang timggi.

Yang kemudian saya anggap melenceng adalah, keharusan menyusun PAK Tahunan itu yang kemudian dikaitkan dengan sangsi berupa pemotongan, penundaan, atau pencekalan untuk mendapat tunjangan, baik TPP maupun Tunjangan Profesi atau Sertifikasi.

Entahlah, ngantuk jadinya kalau mikir kebijakan yang tafsiranya bisa bermacam-sesuai kepentingan masing-masing....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tetap semangat Mas Enu

24 Jan
Balas

Ok, Pak terima kasih.... semangat kerja, menndidik dan mengajar is OK. Kalau Dupak, entahlah...hehehe...

25 Jan

Kisah yang keren Pak

25 Jan
Balas

Alhamdulllah, di mana kerennya, Bu ?

25 Jan

Iya sejak 2016 udah mentok 4b

26 Jan
Balas

Mungkin ada ribuan guru yang mentok, Bu. Entah buat apa angka kreditnya, kalau saja bisa ditukar piring ya ?

26 Jan

Pengembangan diri sdh dapat ya...tinggal menulis ptk sih sebenarnya

20:58

Mantap. Semoga peraturan gak berbelit-belit lagi. Mau naik pangkat aja susah banget ditambah mau dapat tunjangan juga makin ribet

25 Jan
Balas

Hihihi....dulu saya semangat banget baca info aplikasi kenaikan pangkat, yang katanya otomatis, tapi ternyata masih harus ini itu yang hanya ganti moda dari hard jadi soft, owalaah....

25 Jan



search

New Post