MA'ARIF SETYO NUGROHO

Nama kecilnya Nu atau Enu, dilahirkan dan dibesarkan di tempat yang berbeda. Sumpiuh di kabupaten Banyumas dan Bobotsari di Kabupaten Purbalingga dari leluhur y...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tuk Budaya, Mataram Kuno, Mataram Islam, dan Dagadu
Foto diambil di Tuk Budaya, Temanggung, Jateng

Tuk Budaya, Mataram Kuno, Mataram Islam, dan Dagadu

Catatan kecil Perjalanan Mengupdate Pengetahuan 

Oleh : Ma'arif SN

Dagadu mungkin lebih dikenal oleh masyarakat pada dekade akhir 90an sampai awal 2000an sebagai merk dagang souvenir khas Jogja yang kemudian dibajak dan diproduksi oleh pemodal besar di luar Jogja. Mulai dari kaos, sweater, syal, sandal, tas, topi dan sebagainya. Namun sebenarnya dagadu adalah sebuah kata rahasia dalam Bahasa Jawa yang merupakan hasil olah kreasi masa lalu dan memiliki makna (konotatif) yang kurang elok untuk ditujukan pada lawan bicara. 

Lalu adakah kaitannya dengan Kearjaan Mataram, baik Mataram kuno maupun Mataram Islam? Juga dengan Tuk Budaya yang ada di Lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Losari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah? 

Jawabannya adalah ya, keempatnya sangat-sangat berkaitan erat, bahkan tidak dapat dipisahkan jika dilihat dari sejarah dan asal-usulnya. Saya terpikir untuk menuliskan ini karena ada sedikit rasa mengganjal ketika membaca hasil pencarian di Google search dengan kata kunci “mataram” yang banyak sekali, tetapi hasil pencarian yang teratas dan terbanyak itu dalam penjelasannya tidak menunjukkan adanya keterkaitan antara Kerajaan Mataram dengan asal-usul yang sebenarnya, yaitu di Temanggung. Sebagian besar hanya menyebut Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Prambanan, Borobudur. 

Bersambung….

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dtggu lanjutannya. Msh nggandul gemantung infonta dik. He he...

01 Nov
Balas

Kejar tayang soalnya, mbakyu... ini malah moodnya lari enmbuh neng ndi...hihi

02 Nov

Ingat zaman muda dulu..berasa keren pakai kaos dan tas Dagadu.

01 Nov
Balas

Iya, Bu. Saya masih ingat persis lapaknya saat mereka awal jualan di Malioboro Mall.

02 Nov



search

New Post