Maemunah.

Pengawas Pendidikan Guru Agama Islam(SMP) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di Serang, pernah belajar di IAIN SGD Serang dan IAIB Serang Banten. Pernah meng...

Selengkapnya
Navigasi Web
5 Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman
Bisnisindonesia.id

5 Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman

H 262

5 Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman

1. Mulsa organik. Kulit bawang merah dapat dimanfaatkan sebagai mulsa organik. Mulsa mempunyai peranan penting untuk menjaga kelembapan tanah serta mengurangi pertumbuhan hama atau gulma pada lahan tanaman. Dengan cara ditebar ke permukaan tanah yang akan dijadikan lahan tanaman.

Kulit bawang merah nantinya akan terurai secara alami. Selain itu, memanfaatkan kulit bawang juga dapat memperkaya tanah dengan zat kalium dan kalsium, yang pastinya menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman.

2. Pestisida nabati

Manfaat kulit bawang merah untuk tanaman lainnya yaitu dijadikan sebagai pestisida nabati. Pestisida dari kulit bawang berfungsi sebagai pengusir hama seperti ulat, jamur, atau kutu di tanaman. Kulit bawang merah mengandung senyawa acetogenin dalam jumlah tinggi yang bekerja untuk melindungi tanaman. Kulit bawang merah tinggal dimasukkan ke botol lalu rendam air secukupnya dan biarkan 2 hari. Setelah itu, air campuran bawang disaring dan siap disemprotkan ke tanaman Anda.

3. Perangsang akar tanaman

Tanaman yang Anda punya tentunya ingin terlihat sehat, subur, dan segar. Di tahap ini, perawatannya tidak sebatas pemberian pupuk atau penyiraman saja. Tidak ada salahnya memberikan perangsang untuk memperkuat pertumbuhan akar tanaman dari bahan kulit bawang merah. Ini berkat kandungan allicin dan thiamin yang ada di kulit bawang merah. Caranya cukup siapkan 1/4 bawang merah yang masih ada kulitnya, jus lidah buaya, dan bubuk kayu manis, kemudian diblender semua dan saring ampasnya.

Selanjutnya, celupkan stek ke dalam larutan tersebut atau bisa dioles ke tanaman stek. Air larutan bawang ini nantinya akan meresap ke dalam sel tanaman untuk bekerja

4. Pupuk organik cair

Manfaat kulit bawang merah berikutnya adalah bisa dijadikan sebagai pupuk organik cair. Dengan begitu, tanaman bisa tumbuh dengan lebih subur. Proses membuatnya terbilang mudah, kulit bawang merah yang sudah dikumpulkan tinggal direndam air dan biarkan selama 24 jam.Setelah direndam lanjut disaring dan ambil airnya saja untuk dimasukkan ke dalam botol. Kemudia mulai menyemprotkan pupuk cair ini ke tanaman bunga atau sayur.

Semprot dengan pupuk cair secukupnya dan gunakan sekali selama 15 hari untuk melihat hasilnya dalam waktu sekitar 3 bulan.

5. Kompos kulit bawang merah

Kulit bawang merah yang dicampur sisa kulit bawang bombay dapat dimanfaatkan untuk membuat kompos. Manfaat kulit bawang merah untuk tanaman sebagai kompos ini bisa memperkaya nutrisi tanaman sehingga pertumbuhannya lebih sehat dan subur.

Referensi: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220818161745-282-836144/5

dan bacaan lainnya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

29 Oct
Balas



search

New Post