Maemunah.

Pengawas Pendidikan Guru Agama Islam(SMP) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di Serang, pernah belajar di IAIN SGD Serang dan IAIB Serang Banten. Pernah meng...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cemilah Murah Meriah

Cemilah Murah Meriah

H 222

Cemilan Murah Meriah

Saat sore tiba ingin makan cemilan. Tapi malas mau keluar rumah. Buka kulkas yang ada tempe sama telur. Akhirnya bikin perkedel tempe saja manfaatkan bahan yang ada.

Bahan-bahan:

2 papan tempe

1 batang daun bawang

2 batang seledri

5 cabai merah keriting

½ sdt garam

½ sdt kaldu bubuk

Sejumput lada bubuk

3 sdm tepung tapioka

4 siung bawang putih (dihaluskan)

2 butir telur

Cara membuatnya:

1. Siapkan 2 papan tempe, kemudian potong-potong berbentuk dadu kecil atau disesuaikan dengan selera saja, lalu sisihkan ke dalam wadah terlebih dahulu.

2. Siapkan blender, kemudian masukkan potongan-potongan tempe tersebut, lalu blender tempe sampai teksturnya halus.

3. Setelah tempe halus, sisihkan ke dalam sebuah wadah.

4. Potong-potong kecil 1 batang daun bawang, 2 batang daun seledri, 5 buah cabai merah keriting, masukkan semuanya ke dalam wadah berisi tempe yang sudah dihaluskan tadi.

5. Aduk-aduk tempe dan semua bahan tersebut sampai tercampur rata, kemudian tambahkan bumbu-bumbu seperti ½ sdt garam, ½ sdt kaldu bubuk, sejumput lada bubuk, dan 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan sebelumnya.

6. Pecahkan ke dalam adonan 2 butir telur, tambahkan 3 sdm tepung tapioka, kemudian aduk-aduk semua adonan hinggao tercampur rata

7. Siapkan wajan di atas kompor, lalu tuang minyak yang cukup banyak, kemudian tunggu hingga minyaknya panas.

8. Setelah minyak goreng panas, ambil satu sendok makan adonan perkedel tempe lalu bisa dibentuk bulat atau sesuai selera, kemudian masukkan adonan ke dalam minyak panas.

9. Ambil lagi adonan dengan sendok, masukkan ke dalam wajan sampai cukup penuh, lalu goreng perkedel tempe sampai matang, garing, dan kuning keemasan.

10. Lakukan proses penggorengan adonan perkedel tempe sampai habis dan selesai.

11. Setelah matang dan kuning keemasan, angkat dan tiriskan

12. Tata perkedel tempe di atas piring saji.

13. Perkedel tempe siap di hidangkan.

Semoga berkenan. Silahkan dicoba.

Baity , 19 September 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aduh, bikin nambah terus ini mah hehe.... Makasih resepnya, Bunda. Smg sehat dan bahagia selalu

20 Sep
Balas



search

New Post