Maemunah.

Pengawas Pendidikan Guru Agama Islam(SMP) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di Serang, pernah belajar di IAIN SGD Serang dan IAIB Serang Banten. Pernah meng...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rindu Kue  Pancong

Rindu Kue Pancong

H 219

Rindu Kue Pancong

Sore tadi ketemu mamang jual pancong yang dipikul. Teringat nenek dulu paling rajin membuat kue pancong. Hampir dua hari sekali membuatnya. Apalagi kalau anak cucunya kumpul sudah dipastikan bikinnya lebih banyak.

Dulu Kue pancong akan selalu hadir jika ada salah seorang yang meninggal. Kue ini dibuat untuk jamuan yang sedang menggali liang jahat dan juga jamuan tamu yang datang takjiyah. Mungkin karena bahannya mudah didapat. Yaitu tepung beras dan kelapa parut. Tepungnya juga ditumbuk dengan alu kemuadian diayak dengan saringan santan. Berbeda dengan sekarang tepung beras tinggal beli diwarung. Kelapa pun dengan diparut dengan mesin parut. Namun rasanya beda.

Rasa pancong dengan tepung beras hasil ditumbuk dan kelapa yang diparut manual lebih gurih rasanya. Bila dibanding dengan yang serba mesin. Tapi sekarang sulit mencari pancong yang rasanya seperti buatan nenek. Karena sekarang yang di jual mamang keliling bahannya bukan tepung beras tapi tepung terigu. Begitu saya tanya katanya hasilnya lebih banyak. Kalau tepung beras katanya kurang mekar. Yah dari pada ga ada aku beli juga untuk teman minum disore hari. Sambil bermain sama bocil.

Bukit Berbunga, 16 September 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

16 Sep
Balas

Terima kasih hadirnya bu Risam. Salam sehat.

16 Sep

Kue pancong tetap di hati. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu Maemunah

16 Sep
Balas

Kue pancong kue kesukaanku bund dicocol pakai gula putih maknyus rasane

16 Sep
Balas

Keren. Huat sendiri lebih nikmat seperti nya

16 Sep
Balas

Terima kasih kunjungannya. Salam literasi.

16 Sep

Terima kasih admin.

16 Sep
Balas



search

New Post