Mahdalena, S.Pd.

Mahdalena, ibu dengan 4 orang anak; guru di SMPN 2 Way Tenong Lampung Barat. Sejak kecil bermimpi menjadi penulis. Semasa SMA, impiannya untuk menjadi penulis k...

Selengkapnya
Navigasi Web

APRESIASI SEBUAH KARYA SASTRA) HARUSKAH?

Tantangan ke 37

#Tantangan Gurusiana

APRESIASI SEBUAH KARYA SASTRA; HARUSKAH?

"Apakah perlu mengapresiasi sebuah karya sastra?"

Jawabannya tentu saja harus.

Apresiasi merupakan upaya untuk memahami karya sastra, yaitu upaya bagaimana cara untuk dapat mengerti sebuah karya yang dibaca, baik fiksi maupun puisi, mengerti maknanya; baik yang intensional maupun yang aktual, serta mengerti seluk beluk strukturnya. Menurut Teeuw (1980) apresiasi sastra merupakan upaya "merebut makna" yang merupakan tugas utama seorang pembaca.

Seorang pembaca harus mengenal dan memahami bagian-bagian karya sastra agar dapat memahami struktur karya sastra dan agar dapat merebut makna dengan tepat. Sebuah karya sastra mengandung beberapa unsur, yaitu: unsur gagasan keseluruhan, gagasan transformasional, dan gagasan kaidah yang mandiri. Oleh karena itu, agar memahami sebuah karya diperlukan analisis terhadap bagian-bagian struktur tersebut. Apresiasi sastra merupakan salah satu jenis kritik sastra terapan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post