Mahfud Aly

Lelaki terkombang-kambing tulisan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pohon Syukur Fira
Pohon Syukur Fira

Pohon Syukur Fira

Mahfud Aly

Ayah Remekan Rengginang

****

Fira namanya. Usianya baru 6 tahun sebulan. Kelas TK B. Sangat mandiri. Banyak pekerjaan yang ia lakukan sendiri dengan pengawasan.

Ramadhan ini puasa. Rutin. Meski baru latihan. Sahur bersama. Azan Zuhur berbuka. Dianjurkan puasa lagi. Magrib berbuka lagi. Meski di sekolah, banyak penjual jajanan.

"Teman-teman bilang puasa. Tapi jajan, Ayah. Mbak Fira gak."

Selama bulan puasa, ia tak mau diberi uang jajan.

"Nanti Mbak Fira ikutan beli kalau pegang uang," katanya.

Sebagai ayah yang compang-camping dalam ilmu parenting, saya sangat bersyukur memiliki putri perempuan pertama yang luar biasa.

Ngaji berangkat sendiri. Tak mau ditunggui. Kecuali saat ujian kenaikan jilid. Ia baru minta.

"Ayah, mbak Fira ujian. Tungguin ya."

Sekolah pun sejak Paud, hingga kini. Cuma antar jemput. Tidak ditunggui. Meski teman lain semua ditunggui orang tua. Fira sangat mandiri.

Kelebihannya banyak. Ia anteng. Berbeda dengan adiknya Rizwan. Agak aktif. Fira sangat momong. Ia yang menepuk punggung adiknya saat ngaji jilid satu.

"Mbak saja yang tungguin, Adik."

"Terima mamasih, Mbak."

"Adik pintar kok ngajinya, Ayah."

"Jajannya yang banyak. Uang Mbak Fira abis. Adik minta jajan terus."

Mereka saling dukung. Meski ya seperti wajarnya anak-anak. Kadang mirip Tom and Jerry.

Kakak yang serius dan adik yang usil. Cocok! Yang sering teriak merasa terganggu tentu saja sang kakak.

Meski usil, sang adik sangat fair. Ia pandai meminta maaf. Mbak tetap mau memaafkan meski perlu dibujuk dulu.

Perempuan cerdas dan mandiri, kelemahannya tentu saja: keras kepala dan harga diri.

Di atas segala-galanya, mereka sangat menyenangkan.

*****

Pohon Syukur Fira. Idenya bundanya. Hanifah Nila Wardani. Kertas karton lebar. Dilukis pohon besar berdaun hijau. Seperti catatan amal.

Tahun lalu kotak bintang. Tiap perbuatan baik dari Mbak Fira dicatat, diwakili satu bintang. Terawih dicatat. Bantu Bunda beli tomat, bawang putih, bawah merah diwakili satu bintang dan seterusnya.

Sebulan dihitung. Sempurna.

Tahun ini berbeda. Pohon syukur. Cara kerjanya sama. Setiap perbuatan baik dicatat dengan kata-kata deskriptif di kertas kecil, lalu ditempelkan. Seolah daun, bunga, dan buah.

Sederhana tapi luar biasa.

Mbak Fira sudah besar. Ia sudah bisa diandalkan. Ia mau diminta tolong. Jika belanja dan banyak item, ia minta bunda catat di kertas. Ia juga sudah bisa itung-itungan uang.

Jadi aman.

Saya sebagai juri tak terlihat. Mengamati dengan rasa haru. Sering kali saya periksa, apa saja catatan amal putri sendiri. Ternyata banyak hal.

Bundanya pun cukup fair menilai. Jika mbak Fira membantu dengan inisiatif sendiri, deskripsi pun jelas.

"Mbak Fira anak yang luar biasa. Menawarkan bantuan lipat baju bersih, dan memasukkan ke 4 lemari sesuai label secara benar. Alhamdulillah."

Saya mrebes mili. Bersyukur. Tugas saya sederhana. Mendukung dengan sedikit kata. Banyak ciuman dan pelukan. Saat bunda instruksi. Saya kebagian tersenyum.

Sejujurnya, tanpa Pohon Syukur Fira, saya sungguh sangat bersyukur pada Allah Yang Satu dikarunia keluarga remekan rengginang yang luar biasa.

Terima kasih istri, putri yang keren menewen, dan putra yang ganteng serta fair. Barakallah! Maafkan ayah yang masih terus belajar. Huaa!

Ini rahasia sebenarnya, kalau bukan kepada gurusianer yang dirahmati Allah, saya tak akan buka omong tentang ini.

Adik Rizwan itu berbakat jadi komika.

Stand up comedian.

Lucu sekali. Hihihi!

Lamongan, 11 Mei 2019

Barakallah!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

renekan rengginang... favorit saya

12 May
Balas

Terima kasih Bunda

12 May

Selamat yah mene...

12 May
Balas

Sip

12 May

Tetep syukur, ok pak!!

11 May
Balas

Alhamdulillah, Abah. Barakallah

11 May

Bahagia sekali, pak mahfud aly smg sehat sllu

13 May
Balas

Alhamdulillah. Barakallah. Keluarga bahagia. Semoga sehat selalu aamiin

12 May
Balas

Smangat dek fira... Salam kenal dr calysta di dharmasraya.. keluarga bahagia... Amiin

11 May
Balas

Salam sayang untuk Kakak Calysta. Barakallah. Barakallah.

11 May

Barakallah.... Bahagia sekali.

11 May
Balas

Sedang belajar Bunda. Barakallah. Terima kasih telah mampir.

11 May

Enin doain yang terbaik buat mbak Fira, tetap jadi kakak yg bisa diandalkan bunda dan adik Rizwan ya Sholihah....banyak cinta buat mbak Fira..

10 Aug
Balas

Masa2 seperti inilah jangan dilewatkan sama orangtua, nikmati kelucuan mereka walaupun kadang merepotkan karena kita sibuk, ketika anak2 sudah besar.... Ngangenin masa ini, Barakalloh adik Rizwan dan Mbak Fira

10 Aug
Balas

Masya Allah anak solehah mba Fira dsn anak soleh adek Rizwan

10 Aug
Balas



search

New Post