Mahmudah Cahyawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sudah kau Doakan Muridmu  ?
Istock

Sudah kau Doakan Muridmu ?

Pak guru Mukidi, mengeluh capek mengajar, saat berbincang-bincang dengan pak Sardoel temannya. Keluhannya seputar anak murid yang susah untuk di ajak belajarlah. sering melawan perintah guru lah atau sering main HP diam-diam di kelas..

"Doel, sampeyan itu kulihat kerjanya lebih berat dariku. Tapi kok ceria-ceria aja ya. Apa karena gaji e lebih besar dariku ya?".

"Ah,kidun ini ngenyek ae.. ya jelaslah sampeyan lebih besar, lebih terjamin, aman sentosa. Nek aku Yo, Alhamdulillah, cukup untuk makan, jalan-jalan sama bue dan tole. Soal masa depan malahan aku Yo insured, ra punya pensiun, koyo sampeyan”.

Pak Sardoel, biasa di panggil Doel, memang bekerja sebagai teknisi di sebuah perusahaan kontraktor. Walaupun pekerjaannya berat, namun ia selalu bisa tertawa lepas dan terlihat menikmati hidup.

“Di, sampeyan itu sangat beruntung lho. Punya pekerjaan yang juga bisa jadi ladang amal sampeyan sampai kapanpun lho”.

Maksud e, piye toh, Doel”.

Lha, sampeyan itu ngajar anak-anak kan. Banyak ilmu yang sampeyan ajar kan. Kalau anak yang sampeyan ajar, baca surat Al Fatihah atau ngamalin ilmunya, wah pahalanya ngalir terus kan”.

Bener juga, Doel. Tapi anak-anak murid saya, apalagi beberapa tahun belakang ini, nakal-nakal. Sukanya ngelawan melulu kalau saya kasih tahu”.

“Kok, bisa begitu. Kan sampeyan gurunya. Orangtua di sekolah yang harus dihormati sama seperti orangtua kandungnya toh”.

Nah itulah masalahnya. Kalau anak-anak berulah ya aku marahi. Tapi sekarang ini, jadi guru itu susah. Anaknya salah, terus saya beri peringatan, eh dhalah.. paknya datang ke sekolah, marah –marah. Malah saya yang harus minta maaf ke murid saya. Edan kan”.

Mendengar penuturan sahabatnya, pak Doel merasa terrenyuh. Bagaimana tidak bestienya, yang orang baik dan berusaha mendidik anak muridnya dengan cara yang baik, malah dipersalahkan oleh orangtua siswa.

Mukidi, saya pernah dengar dari seorang ulama besar, bahwa doa yang kita panjatkan bisa mengubah kondisi tidak baik menjadi baik. Apalagi sampeyan itu guru, profesi yang sangat terhormat. Coba anak muridnya didoakan. In syaallah, doa sampeyan makbul”.

Oh, iya juga ya, Doel”.

“Sampeyan doakan anak murid sampeyan, gak?”, kepo pak Doel

“Ya, didoakan lah. Tapi ya itu, terus terang saya doakannya, hanya saat anak-anak mau ujian saja.”.

Nah, itu bisa jadi salah satu penyebab mengapa anak murid sampeyan, seperti itu. Doakan saja setiap hari, dengan hati tulus dan ikhlas. In syaallah, mereka jadi anak sholeh dan mudah menerima pelajaran sampeyan”.

Mendengar masukan dari sahabat kecilnya, pak Mukidi, mengangguk-anggukkan kepalanya, tanda setuju dengan usulan tersebut.

Sudah seminggu, sejak pembicaraan soal doa, pak Mukidi tidak terlihat nongkrong di pos ronda. Pak Doel, yang tahu sahabatnya tengah sibuk mengajar, sengaja tidak menghubunginya untuk sekedar nongkrong bareng. Akhirnya, dua minggu berselang, pak Mukidi muncul juga di pos ronda.

“Di, sampeyan sibuk tenan yo. Sampai tak sempat datang ke sini”.

“Ya, begitulah. Kan sampeyan yang kasih ide supaya saya doakan murid-murid saya setiap hari.”

“Lha, terus piye, hasilnya”.

“Alhamdulillah, anak-anak sekarang sudah lebih bisa di kontrol. Komunikasi kami juga sudah baik. Pelan-pelan nilai mereka juga membaik”.

Alhamdulillah. Ternyata benar ya, doa itu dasyat kekuatannya. Jadi sekarang sampeyan enjoy mengajar kah?”.

“So pasti, sekarang saya jadi lebih bisa menikmati indahnya jadi guru. Makasih yo, dah ingatkan saya”.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post