Mala Komalasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Drama

Pembelajaran Drama

Drama adalah salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI semester 2. Menurut wikipedia Drama adalah genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Dalam pembelajarna drama, siswa diperkenalkan dengan struktur drama, unsur-unsur drama, jenis drama dan praktik drama. 

Pada pembelajaran kali ini, pembelajaran drama dikemas semudah mungkin agar siswa mudah memahami pembelajarannya. Hal ini juga terkait waktu pembelajaran yang sudah mau mendekati Ujian Akhir Semester. 

Pertemua pertama, pembelajaran drama mempelajari pengertian drama, unsur-unsur drama dan jenis- jenis drama. Pada pembelajaran ini siswa diharapkan mampu untuk memahami hal-hal tersebut sehingga nanti siswa memahami hal-hal apa saja yang akan di persiapkan dalam penampilan drama. Siswa mencari informasi dan membuat peta konsep. Kenapa harus peta konsep? ketika membuat peta konsep, siswa pasti akan membaca materi kemudian menuliskannya dalam sebuah peta konsep. Selain itu, siswa tidak akan jenuh harus menulis banyak materi. Siswa akan memilih dan memilah materi yang sekiranya penting dari materi drama tersebut. 

Pertemuan kedua, siswa dibagi menjadi bebrapa kelompok untuk nantinya menampilkan pertunjukan drama sederhana di kelas. Siswa diberi kebebasan untuk memilih kelompoknya agar siswa bisa dengan leluasa mengekspresikan kemampuannya. Tentunya kelompok akan menentukan keberhasilan seseorang. Ketika siswa merasa nyaman dengan kelompoknya, siswa akan mengekspresikan kemampuannya secara maksimal. Pada pertamuan ini juga, siswa mulai memilih teks naskah drama yang akan diperankan. 

Pertemuan ketiga, siswa diberi waktu untuk berlatih berdasarkan naskah drama yang telah mereka pilih. Mereka belajar mentukan adegan, menyiapkan properti dan hal-hal yang berkaitan dengan drama. Para siswa begitu antusias pada pembelajaran ini. Pertemuan terakhir, siswa menampilkan drama yang telah mereka pilih dengan menggunakan properti yang mendukung drama tersebut. 

Selamat bermain drama :)

 

Penulis Nenk Mala Za

Cianjur, 26 Mei 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

26 May
Balas

Terima kasih pak

00:47

Mantap

26 May
Balas

Terima kasih

00:47



search

New Post